Efektivitas Penerapan Metode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, W., & Wahyuni, S. (2019). Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Intensitas Kegiatan Brain Gym pada Pembelajaran Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 4(2), 93. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i2.960
Amalia, R., Zaki, M., & Sofiyan, S. (2019). Pendampingan Anak-anak Usia Sekolah dalam Rangka Implementasi Hypnoteaching untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika di Kuala Langsa. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 3(2), 80–88. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i2.23679
Bali, M. M. E. I., & Masulah, I. (2019). Hypnoteaching: Solusi Siswa Learning Disorder. At-Turats, 13(1), 89–103. https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i1.1188
Budiman, H., & Rosmiati, M. (2020). Penerapan Teori Belajar Van Hiele Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prisma, 9(1), 47. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.845
Dewi, P. S. (2018). Efektivitas Pendekatan Open Ended Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 7(1), 11–19. https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.340
Diantari, P., Wiarta, W., & Negara, G. A. O. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3103
Eccles, J. S., & Wigfield, A. (2002). Motivational Beliefs, Values, and Goals. Annual Review of Psychology, 53(1), 109–132. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.53.100901.135153
Fatimah, R. N., dkk. (2019). Teknik Probing-Promting Scaffolding pada Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 8(2), 146–159.
Hasbullah, H., & Rahmawati, E. Y. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 83–90. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.163
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini ). 4(1), 30–41.
HM Anwar, M. (2017). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), 469–480. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.106
Inayah, S., Septian, A., & Suwarman, R. F. (2020). Student Procedural Fluency in Numerical Method Subjects. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.24042/djm.v3i1.5316
Kasmaja, H. (2016). Efektivitas Implementasi Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(1), 33–45. https://doi.org/10.26858/est.v2i1.1889
Kusuma, D. A. (2019). Penerapan Ethnomathematics dan Hypnoteaching pada Mata Kuliah Matematika Kimia. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 165–176. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2279
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19) (p. 300). p. 300.
Mertasari, N. M. S. (2003). Pengaruh Model Tes Terhadap Motivasi Belajar Matematika dengan Mempertimbangkan Tingkat Kesukaran Tes. (tidak diterbitkan).Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.
Miftakhurozaq, M. (2018). Implementasi Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran PAI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 83–104. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.83-104
Ndiung, S., Sennen, E., Helmon, A., & Jediut, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar. PRISMA, 9(2), 167–178.
Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Singaraja: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Qomario, Q. (2018). Pengaruh Hypnoteaching Dalam Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 46–55. https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2808
Sadirman, A. M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Safitri, D. N., & Purnamasari, N. I. (2017). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan. Journal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.26638/je.264.2064
Salami. (2017). Hypnotic Teacher Dan Hypnoteaching. 3(1), 34–44.
Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020a). Geogebra in integral areas to improve mathematical representation ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1), 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035
Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020b). Mathematical representation ability through geogebra-assisted project- based learning models. Journal of Physics : Conference Series, 1657(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929
Suwarman, R. F. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Pemahaman Konsep. Jurnal Prisma, VII(2), 227–237.
Trisnawati, F. (2020). Gambaran Perilaku Burnout di SMP Negeri 2 Pedamaran. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 53–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/juang.v3i1.4893
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at Home : Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252
Yan, N. (2010). The Secret of Stage Hypnosis Revealed. Jakarta: Jakarta: Gramedia.
Yustisia, N. (2012). Hypnoteaching : Seni Mengeksplorasi Otak Siswa. Yogyakarta: Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1302
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 PRISMA
Prisma Indexing :Â
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.