Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Materi Persamaan Linear Tiga Variabel

Astuti Supartinah, Wahyu Hidayat

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa yang tidak dapat menyelesaikan  soal  pada materi Sistem  Persamaan  Linear  Tiga  Variabel  dan  rendahnya  kemampuan  siswa  dalam  mengaitkan masalah  dengan  kehidupan  sehari-hari  atau  yang  bersifat  kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.  Subjek  dari  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas X Madrasah Aliyah di Cianjur yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Instrumen untuk mendapatkan data itu sendiri dilakukan dengan tes yang diberikan kepada siswa berupa  lembar  soal  yang  berisi  5  butir  soal    dengan  soal  yang  memiliki  tingkat  kesulitan  yang berbeda-beda.  Hasil  yang  diperoleh  dari  penelitian  ini  adalahkesalahan  yang  paling  sering dilakukan  siswa  yakni:  1) Siswa tidak menjawab  soal 5%,  2) Siswa tidak dapat membuat model matematika 5%, 3) Siswa salah  membuat  model  matematika 10%,  4)  Siswa  salah  melakukan eliminasi 10%, 5) Siswa salah menuliskan tanda operasi pada persamaan untuk dieliminasi 5%, 6) Siswa  salah  menghitung  pada  saat mengeliminasi 30%,  7)  Siswa  salah  membuat  persamaan  baru untuk  disubstitusikan20%,  8) Siswa  salah  memasukan nilai substitusi 25%, dan 9) Siswa  salah mengitung  pada  saat  mensubstitusi 40%. dalam  menyelesaikan  Sistem  Persamaan  Linear  Tiga Variabel.

Keywords


kesalahan siswa; SPLTV; kontekstual

Full Text:

PDF

References


Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Aisyah, A. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Logis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 1–11.

Andanik, R. T., & Fitrianawati, M. (2019). Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(2), 40. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.836

Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p239-248

Azzahra, S. J. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemahaman Konsep Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV dengan Tahapan Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(2), 87–94.

Buchanan, T., Paul, S., Buchanan, T., & Paul, S. (2007). DigitalCommons @ University of Nebraska - Lincoln The Importance of Teaching Students How to Read to Comprehend Mathematical Language The Importance of Teaching Students How to Read to Comprehend Mathematical Language Math in the Middle Institute Partners.

Depdiknas. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. 6.

Di Perri, G., Cazzadori, A., Vento, S., Bonora, S., Malena, M., Bontempini, L., … Concia, E. (1996). Comparative histopathological study of pulmonary tuberculosis in human immunodeficiency virus-infected and non-infected patients. Tubercle and Lung Disease, 77(3), 244–249. https://doi.org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8

Dini, M., Nuraeni, N., & Anita, I. W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Materi SPLTV. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 49. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2218

Dwi, N., & Hendikawati, P. (2018). The mathematical problem solving ability of student on learning with Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) model in term of student learning style. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.18870

Ellerton, N. F., & Clements, M. A. (1996). Newman Error Analysis: A Comparative Study Involving Year 7 Students in Malaysia and Australia Nerida F. Technology in Mathematics Education, 186–193.

Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2019). Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa. Journal On Education, 01(02), 15–22.

Hidayat, W., & Sumarmo, U. (2013). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematik serta Kemandirian Belajar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–14.

Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawababn Siswa Pada Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pembelajaran Kontekstual. Prisma, VII(1), 82–90.

Kuswanti, Y., Sudirman, & Nusantara, T. (2018). Deskripsi Kesalahan Siswa pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel ( SPLTV ). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(7), 865–872.

Nugraha, D. A., & Santika, S. (2020). Distribusi Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi pada Siswa Sekolah Menengah Atas Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Prisma, 9(1), 20. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.787

Pasini. (2012). Kemampuan Siswa SMA Dalam Menyelesaiakn Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Juurnal Edukasi, 2.

Praktitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 111–112.

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning Obstacles Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1293

Septian, A, Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Geogebra in integral areas to improve mathematical representation ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613, 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Septian, Ari, & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. PRISMA, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Siasa, A. S., Salam, M., & Suhar, S. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X 1 Sma Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7333

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman procedure for analyzing Primary Four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 264–271. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036

Surya, E. (2012). Visual Thinking Dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa Dapat Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 41–50.

Ulfah, M., Felicia, L., & Pendahuluan, A. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Dalam National Council of Teachers of Mathematics ( Nctm ) Pada Anak. 1(2).

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK pada Materi Trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.