Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Materi Persamaan Linear Tiga Variabel
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Aisyah, A. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Logis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 1–11.
Andanik, R. T., & Fitrianawati, M. (2019). Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(2), 40. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.836
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p239-248
Azzahra, S. J. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemahaman Konsep Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV dengan Tahapan Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(2), 87–94.
Buchanan, T., Paul, S., Buchanan, T., & Paul, S. (2007). DigitalCommons @ University of Nebraska - Lincoln The Importance of Teaching Students How to Read to Comprehend Mathematical Language The Importance of Teaching Students How to Read to Comprehend Mathematical Language Math in the Middle Institute Partners.
Depdiknas. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. 6.
Di Perri, G., Cazzadori, A., Vento, S., Bonora, S., Malena, M., Bontempini, L., … Concia, E. (1996). Comparative histopathological study of pulmonary tuberculosis in human immunodeficiency virus-infected and non-infected patients. Tubercle and Lung Disease, 77(3), 244–249. https://doi.org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8
Dini, M., Nuraeni, N., & Anita, I. W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Materi SPLTV. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 49. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2218
Dwi, N., & Hendikawati, P. (2018). The mathematical problem solving ability of student on learning with Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) model in term of student learning style. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.18870
Ellerton, N. F., & Clements, M. A. (1996). Newman Error Analysis: A Comparative Study Involving Year 7 Students in Malaysia and Australia Nerida F. Technology in Mathematics Education, 186–193.
Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2019). Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa. Journal On Education, 01(02), 15–22.
Hidayat, W., & Sumarmo, U. (2013). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematik serta Kemandirian Belajar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–14.
Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawababn Siswa Pada Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pembelajaran Kontekstual. Prisma, VII(1), 82–90.
Kuswanti, Y., Sudirman, & Nusantara, T. (2018). Deskripsi Kesalahan Siswa pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel ( SPLTV ). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(7), 865–872.
Nugraha, D. A., & Santika, S. (2020). Distribusi Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi pada Siswa Sekolah Menengah Atas Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Prisma, 9(1), 20. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.787
Pasini. (2012). Kemampuan Siswa SMA Dalam Menyelesaiakn Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Juurnal Edukasi, 2.
Praktitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 111–112.
Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379
Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning Obstacles Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1293
Septian, A, Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Geogebra in integral areas to improve mathematical representation ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613, 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035
Septian, Ari, & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. PRISMA, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438
Siasa, A. S., Salam, M., & Suhar, S. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X 1 Sma Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7333
Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman procedure for analyzing Primary Four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 264–271. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036
Surya, E. (2012). Visual Thinking Dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa Dapat Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 41–50.
Ulfah, M., Felicia, L., & Pendahuluan, A. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Dalam National Council of Teachers of Mathematics ( Nctm ) Pada Anak. 1(2).
Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK pada Materi Trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566
DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1266
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 PRISMA
Prisma Indexing :Â
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.