Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine

Erma Monariska, Nia Jusniani, Neng Hani Sapitri

Abstract


Komunikasi matematis memiliki peranan penting karena dapat melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah dengan berbagai bentuk antara lain merefleksikan gambar, tabel, grafik ke dalam ide-ide matematika, memberikan penjelasan ide, konsep atau situasi matematika dengan bahasa sendiri dalam bentuk penulisan secara matematis dan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Match Mine dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa, serta untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Match Mine. Penelitian dilakukan pada SMP Negeri 2 Warungkondang. Metode penelitiannya adalah metode eksperimen dengan jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment. Desain penelitian berbentuk Two Group Randomized Posttest-Only Control Design. Setelah dilakukan tes awal (pretest) pada kedua kelas, selanjutnya dilaksanakan pembelajaran dengan perlakuan berbeda. Pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Match Mine beserta pemberian lembar kerja siswa (LKS), sedangkan pada kelas kontrol hanya dilaksanakan pembelajaran biasa tanpa adanya LKS. Pokok bahasan yang disajikan dengan materi Statistika. Setelah proses pembelajaran selesai, selanjutnya dilakukan tes akhir (posttest). Berdasarkan analisis penelitian, diperoleh 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Match Mine lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran biasa; 2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Match Mine dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa; dan 3) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Match Mine positif.

Keywords


pembelajaran kooperatif tipe match mine; kemampuan komunikasi matematis

Full Text:

PDF

References


Ansari, B. I. (2012). Komunikasi Matematik dan Politik. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Greens, C. dan Schulman, L. (1996). Communication Processes in Mathematics Education. Dalam Ellilot, P. C. dan Kanney, M. J. Communication in Mathematics, K-12 and Beyond. Virginia: NCTM.

Guerreiro, Antonio. (2008). Communication in Mathematics Teaching and Learning Practices in Primary Education. [Online]. Tersedia:

http://yess4.ktu.edu.tr/YermePappers/Ant_%20Guerreiro.pdf. [24 Desember 2018].

Hendriana, H. dkk. (2017). Hardskill dan Softskill Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hikmawati, N.N., Nurcahyono, N.A., & Balkist, P.J. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok. Prisma : Jurnal Pendidikan Matematika, Volume VIII Nomor 1, halaman 68-79.

Iwan. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Skripsi pada FKIP Universitas Suryakancana Cianjur: Tidak diterbitkan.

Kagan, S. (1989). The structural approach cooperative learning San Clemente, CA: Kagan Publishing.

Kagan, M. (2009). Match mine mathematics. San Clemente, CA: Kagan Publishing.

Latifah. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. [Online] Tersedia: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/183/1/101119-LATIFAH-FITK.PDF [04 Juni 2018].

Ministry of Education Singapore (MES). (2009). The Singapore Model Method for Learning Mathematics. Singapore: EPB Pan Pacific.

Munawaroh, U. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Skripsi Sarjana pada FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo: diterbitkan.

Nasution, D. dan Dewi, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII di MTs Negeri 2 Medan T.A. 2014/2015. Inspiratif. Vol. 1 No. 1, hal 96-111.

Wahyuni, F. dan Suwanto. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine Terhadap kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. MES: Journal of Mathematics Education and Science . Uisu. Vol. 5, No. 1, hal. 59-63.

Yeager, A dan Yeager, R. (2008). Teaching Throught The Mathematical Processes. [Online]. Tersedia: gains-camppp.wikispaces.com [17 Maret 2019].




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.