MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan salah satu pendekatan pembelajaran yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa adalah pendekatan open ended. Melalui pembelajaran ini, siswa terlibat langsung dan belajar mengeluarkan ide-ide dalam menyelesaikan soal-soal bersifat open ended, sehingga membangkitkan minat siswa untuk aktif selama proses pembelajaran. Diharapkan melalui pembelajaran ini, siswa menjadi termotivasi, ulet dan bersungguh-sungguh dalam memahami matematika sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Bentuk luaran dari penelitian ini berupa produk bahan ajar bersifat open ended yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design, dimana subyek penelitian tidak dikelompokkan secara acak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kota Cimahi, sedangkan sampelnya SMP Taruna Mandiri kemudian diambil dua kelas secara acak kelas, diperoleh kelas 7B sebagai kelas eksperimen dan kelas 7C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes sebanyak 5 soal uraian kemampuan berpikir Kritis dan 20 butir soal skala sikap kepercayaan diri dalam belajar matematika, kemudian data tersebut dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, baik dari hasil analisis data maupun pengujian hipotesis, maka penulis menyimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pencapaian kepercayaan diri dalam belajar matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open-ended lebih baik daripada pendekatan konvensional.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis matematis, Kepercayaan Diri, Pendekatan Open Ended
Full Text:
PDFReferences
Ahad, N. A., Yin, T. S., Othman, A, R. &Yaacob, C. R. (2011). Sensitivity of Normality Test to Non-normal Data. Sains Malaysiana, 40(6), pp.637-641.
Faridah, N., Atun, I. Aeni, A. N. (2016). Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), pp.1061-1070). Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/index
Fauziyah (2016). “ Kesulitan Siswa Belajar Matematika SMP”. [Studi Pemula]. Cimahi : (tidak diterbitkan).
Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. [Online]. Tersedia. http://www.physicsindiana.edu/~sdi/AnalyzingChage-Gain.Pdf.
Hapsari, M. J. (2011). Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing (Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran). Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, pp. 337-345, 3 Desember 2011 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY .
Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis dengan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Infinity Journal. 1(1), pp.90-103. DOI: http://dx.doi.org/10.22460/infinity.v1i1.9
Jumaisyaroh,T. dkk.(2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano: vol 5 (2). pp 157-169.
Koriyah, V & Harta, I. (2015).” Pengaruh Open-Ended terhadap Prestasi Belajar, Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP” . PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. 10 (1), 98.
Masitoh, I. & Prabawanto, A. (2015). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Eksploratif. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar 7(2), pp. 186-197. DOI: http://dx.doi.org/10.17509/eh.v7i2
Novikasari, I. (2009). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Open-ended di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan INSANIA. 14(2), pp. 346-364. DOI: http://dx.doi.org/10.24090/ins.v14i2.2009.pp346-364
Ruseffendi, E.T. (2010). Statistik Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.
Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Pythagoras, 9(2), pp. 205-218. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumarmo, U. (2014). Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya. Bandung : Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA-UPI.
Syahbana, A.(2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learnin. Jurnal Edumatica Volume 02 pp 45-57.
Syarifah & Sumardi, Y. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Malcolm’s Modeling untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 1(2), pp. 237-247. Retrieved from : http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/index
Uyanto, S. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Bandung: Graha Ilmu
Yanti, S. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Kemampuan Komunikasi Interpersonal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), pp. 202-209. Retrieved from : http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/index
DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 PRISMA
Prisma Indexing :

PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.