PENERAPAN PENDEKATANBRAINSTORMING ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KONEKSI MATEMATIK SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTs TERPADU

Maya Siti Rohmah, Indri Herdiman

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran, koneksi matematik dan kemandirian belajar siswa MTs Terpadu yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Brainstorming Round Robin lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalent pre-test and post-test control group design dengan sampel penelitian siswa di salah satu MTs Terpadu di Kabupaten Bandung Barat.Instrumen yang digunakan berupa soal uraiankemampuan penalaran matematik dan koneksi matematik serta angket kemandirian belajar.Data yang diperoleh diolah dengan bantuan software SPSS 22. Hasil menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematik siswa MTs Terpadu yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Brainstorming Round Robin lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Selain itu pencapain kemandirian belajar siswa MTs Terpadu yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Brainstorming Round Robin lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.

 

Kata Kunci: Brainstorming Round Robin, penalaran matematik, koneksi matematik, kemandirian belajar

Full Text:

PDF

References


Baroody, A, J. (1993).Problem Solving, Reasoning, and Communicating, (K-8): Helping Children Think Mathematically. New York: Merrill as imprint of Macmillan Publishing Company.

Herdiman, I. (2014). Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematik untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 1. Tahun 2014.

____________(2017). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Penalaran Matematik Siswa SMP. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika. Vol. 3, No. 2. Tahun 2017.

Jacob, C. (2003). Pemecahan Masalah, Penalaran Logis, Berfikir Kritis dan Pengkomunikasian. UPI: Tidak Diterbitkan.

Kusuma, D.A. (2008). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik dengan Meggunakan Pendekatan Konstruktivisme.Tersedia [online]: http://pustaka.inpad.ac.id/wp-contect /uploads/2009/06/meningkatkan-kemampuan-koneksi-matematika.pdf. [9 Januari 2013]

Nisrina, N. (2017). Pengaruh Pendekatan Collaborative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Mts. [online]: publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2017/07/NURI-NISRINA-A2-MATEMATIKA-13510294.docx. [7 Februari 2017].

Rohmah, M. S. (2013). Pendekatan Brainstorming Teknik Round-Robin untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran, Komunikasi Matematis dan Self-Awareness Siswa SMP.Tesis.Universitas Pendidikan Indonesia.Tidak diterbitkan.

Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Edisi Cetak Pertama. Bandung.: Tarsito.

Sarbani, (2008).Standar Proses Pembelajaran Matematika.Tersedia [online]:http://bambangsrbani.blogspot.com/2008/10/standar-proses-pembelajaran-matematika.html [9 Januari 2012].

Sumarmo, U. (2004). Kemandirian Belajar:Apa, Mengapa, danBagaimana Dikembangkanpada Peserta Didik. Laporan Penelitian Hibah Pascasarjana UPI. Bandung : Tidak dipublikasikan.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.