Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap Perkuliahan Online di Masa Pandemi Covid-19

Esti Harini, Irham Taufiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan online, untuk mengetahui bentuk-bentuk aplikasi yang digunakan dalam perkuliahan online dan untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan perkuliahan online yang dilaksanakan di prodi pendidikan matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UST Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan matematika pada semester genap sedangkan sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Prodi Pendidikan Matematika  FKIP UST pada Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif. Diperoleh hasil bahwa perkuliahan di prodi pendidikan matematika dilaksanakan secara online dimana para dosen menggukan media yang mereka kuasai. Hal tersebut juga disepakati dengan mahasiswa, persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran online di prodi pendidikan matematika pada aspek keterampilan paling banyak menjawab sering, aspek pembelajaran paling banyak menjawab sering sedangkan pada aspek sarana dan prasarana  paling banyak menjawab jarang, bentuk aplikasi yang digunakan oleh para dosen saat perkuliahan online adalah portal akademik, whatsapp group, youtube,  zoom, google meet, dan google classroom. Keunggulan perkuliahan online adalah waktunya fleksibel. Kelemahan perkuliahan online yaitu mahasiswa merasa bosan dan sulit memahami materi.


Keywords


aplikasi; pandemi covid-19; perkuliahan online; persepsi mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Mendikbud. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402.

Anhusadar, L O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education. 3(1)

Arcana, I.N. (2013). Bahan Pelatihan Tindakan Kelas Penyusunan Proposal. Surabaya: Unika Widya Mandala.

Aswasulasikin, (2020).Persepsi mahasiswa terhadap kuliah daring di masa pandemic Corona Virus Disease (Covid-19), Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(10)

Enriquez, M. A. S. (2014). Students’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. In DLSU Research Congress (pp. 1–6).

Erin, A M.(2018).Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Terhadap Perkuliahan Online.Mosharafa.7(3)

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Hadi, (2020).Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring di masa pandemic Covid-19. Jurnal Zarah 8(2)

Maskar, S, Dewi, P. S., Puspaningtyas, N.D.(2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. Jurnal Prisma 9(2).

Maulana, & Hamidi.(2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan 8(2) .

Mustakim. (2019). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al-Asma: Journal of Islamic education 2(1).

Noviantari, P.S. dan Payadnya, I.P.A.A. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kuliah Daringpada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika 1(1).

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020a). Geogebra in integral areas to improve mathematical representation ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1), 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020b). Mathematical representation ability through GeoGebra-assisted project-based learning models. Journal of Physics : Conference Series, 1657(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019

Sadikin, & Hamidah, (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19” Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6(2).

Saifuddin, M. F.(2016). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan, 102-110.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

      

  

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.