Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar

Sabina Ndiung, Eliterius Sennen, Arnoldus Helmon, Mariana Jediut

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Treffinger dalam meningkatkan keterampilan bepikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode Pretest-postest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas V SDI Watu Weri berjumlah 52 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri atas 5 butir soal uraian dengan koefisien reliabilitas 0,79 pada kategori tinggi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik parametrik dengan teknik pengujian hipotesisnya adalah menggunakan uji t independen dengan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) for windows versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Treffinger lebih efektif daripada model konvensional dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas V sekolah dasar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung  adalah 8,772 dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Temuan ini tergambar secara jelas dalam langkah-langkah pembelajaran basic tools, practice with process, dan working with problem yang memuat teknik-teknik belajar kreatif. Ketiga tahapan yang tergambar dalam implementasinya mampu menuntun peserta didik menyelesaikan masalah yang bersifat non rutin.


Keywords


efektivitas; keterampilan berpikir kreatif; model pembelajaran treffinger; pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

References


Alfiyanti, D., & Darminto, B. P. (2016). Pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kreativitas matematis kelas VII SMP Negeri 1 Poncowarno. 82–87.

Alfuhaigi, S. S. (2015). School Environment and Creativity Development : a Review of Literature. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, 5(2), 33–38.

Arends, R. I. (2013). Learning to teach (9th ed.). Copyright © by McGraw-Hill Education.

Darminto, B. P. (2013). Improving the Ability of Students’ Mathematical Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains Tahun, 1(2), 101–107.

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398.

Kaasila, R., & Pehkonen. (2014). Effective mathematics teaching in Finland through the eyes of elementary student teachers. (January 2009).

Kurniati, N. (2018). Mengakses dan memonitor kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas V sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. Jurnal Prisma, 7(1), 99–106.

La Moma. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Delta-Pi: Journal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Ndiung, S., Dantes, N., Ardana, I. M., & Marhaeni, A. (2019). Treffinger Creative Learning Model with RME Principles on Creative Thinking Skill by Considering Numerical Ability. International Journal of Instruction, 12(3), 731–744. https://doi.org/doi:10.29333/iji.2019.12344a

Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran Volume, 10(June), 94–111. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274

Nisa, T. F. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Setting Model Treffinger Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Pedagogia, 1(1), 35–48.

Nurjanah, E. S. (2019). The application of treffinger learning model in improving students’ mathematical communication skill and their confidence. Prisma, 8(2), 160–166.

OECD. (2019). PISA 2018 insights and interpretations.

Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.886

Rohaeti, T. I., Priatna, B. A., & Dedy, E. (2013). Penerapan model treffinger pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa smp. 1(1).

Runisah, Herman, T., & Dahlan, J. A. (2016). The Enhancement of Students â€TM Creative Thinking Skills in Mathematics through The 5E Learning Cycle with Metacognitive Technique. International Journal of Education and Research, 4(7), 347–360.

Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). Teaching and Learning 21st century Skills. Patnership for Global Learning, (April), 1–35.

Schleicher, A. (2016). PISA.

Scott, C. L. (2015). What Kind of Pedagogies for the 21st Century? Education Research and Foresight, 15(3), 1–21.

Sennen, E., Ndiung, S., & Supardi, K. (2016). Analisis kesalahan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang terkategori sulit pada UASBN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 8(2), 253–268.

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Geogebra in integral areas to improve mathematical representation ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613(2020). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. PRISMA, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. PRISMA, 6(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.22

Septian, A., Suwarman, R. F., Monariska, E., & Sugiarni, R. (2020). Somatic , auditory , visualization , intellectually learning assisted by GeoGebra to improve student’s mathematical representation skills. Journal of Physics : Conference Series, 1657, 12023. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012023

Shabani, K., Khatib, M., & Ebadi, S. (2010). Vygotsky â€TM s Zone of Proximal Development : Instructional Implications and Teachers â€TM Professional Development. English Language Teaching, 3(4), 237–248.

Sriwongchai, A., Jantharajit, N., & Chookhampaeng, S. (2015). Developing the Mathematics Learning Management Model for Improving Creative Thinking in Thailand. International Education Studies, 8(11), 77–87. https://doi.org/10.5539/ies.v8n11p77

Sze Yeng, F., & Hussain, R. M. R. (2010). Self-directed learning in a socioconstructivist learning environment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 1913–1917. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.423

Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The ability of

understanding mathematical concept and self-regulated learning using macromedia flash professional 8. Journal of Physics : Conference Series, 1657, 12074. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.