ANALISIS RESIKO BAHAYA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADAPROYEK PEMBANGUNAN GRAND KAMALA LAGOON – BARCLAY TOWER

moch ichwan n.e, Mirdan mirdan

Abstract


Tidak dapat dipungkiri pembangunan proyek kontruksi dalam pembangunannya selalu mengandung risiko. Risiko yang sering terjadi dalam proyek konstruksi adalah kecelakaan kerja. Proyek di Grand Kamala Lagoon – Barclay Tower merupakan bangunan dengan risiko kecelakaan kerja yang tinggi dikarenakan memiliki 50 lantai. Penerapan Sistem Manjemen K3 yang baik, diupayakan untuk dapat meminimalisir kemungkinan risiko tersebut terjadi. Maka dibuat penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan kegiatan yang memiliki kemungkinan risiko, mengetahui tahap pekerjaan berdasarkan risiko tertinggi, mengetahui pengendalian serta penerapan pengendalian terhadap rencana kerja K3.

Penelitian dilakukan dengan kuisioner digunakan sebagai alat pengumpulan data  akan diidentifikasi lebih lanjut secara spesifik mengenai risiko tersebut. Selanjutnya akan diketahui bagaimana tindakan pengendalian dari hasil wawancara serta penerapan pengendalian dilapangan yang disajikan dalam persentase (%).

Hasil dari analisa data diketahui bahwa dari dua pekerjaan utama yang diamati yaitu pekerjaan atap (pekerja/fasilitas jatuh dari ketinggian) dan pekerjaan struktur atas (material jatuh dari ketinggian dan menimpa pekerja), keduanya tergolong kategori dengan risiko tinggi.

 

Kata kunci: Risiko, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3),Tingkat Risiko, risiko kecelakaan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v2i2.867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.