Pengaruh Geometrik dan Lingkungan Jalan Pada Kecelakaan Lalulintas di Jalan perkotaan

Eri Rihandiar

Abstract


Jalan perkotaan merupakan prasarana yang sangat penting dalam menunjang aktivitas sosial dan ekonomi penduduk perkotaan. Karena itu perlu diciptakan suatu sistem transportasi jalan perkotaan yang lancar, aman dan selamat. Pengenalan terhadap karakteristik geometrik dan lingkungan jalan yang diperkirakan berpengaruh terhadap kecelakaan lalulintas diharapkan dapat memberi kontribusi terhadap pengembangan desain geometrik dan lingkungan jalan yang berwawasan keselamatan. 

Pada studi ini dilakukan pengembangan model prediksi kecelakaan lalulintas yang dapat memperkirakan potensi keselamatan jalan. Beberapa variabel geometrik dan lingkungan jalan yang diperkirakan mendasari terjadinya kecelakaan lalulintas dikaji, dan kemudian dengan analisis regresi linier  dikembangkan model yang menjelaskan hubungan terjadinya kecelakaan lalulintas sebagai fungsi dari variabel-variabel tersebut. Variabel geometrik dan lingkungan jalan yang dikaji meliputi panjang segmen, lebar jalan, jumlah simpang tanpa lampu lalulintas, volume lalulintas, median dan hambatan samping.

Hasil penelitian menunjukan bahwa diantara variabel-variabel yang diteliti, variabel yang memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap terjadinya kecelakaan lalulintas adalah volume lalulintas, lebar jalan dan jumlah simpang tanpa lampu lalulintas pada suatu segmen jalan. Semakin banyak jumlah simpang tanpa lampu lalulintas pada suatu segmen jalan, jumlah kecelakaan  akan semakin meningkat. Pada jalan yang lebih lebar dan volume lalulintas lebih tinggi, kecelakaan lalulintas cenderung berkurang.

 

Kata kunci: kecelakaan lalulintas, geometrik dan lingkungan jalan, model prediksi kecelakaan.

 


Full Text:

PDF

References


“Effect of Median Treatment on Urban Arterial Safety an Accident Prediction Modelâ€. Transportation Research Record 1581, Transportation Research Board, Washington, D.C.

Bowman, B.L., Vecellio, R.L., and Miao, J. (1995). “ Vehicle and Pedestrian Accident Models for Median Locationsâ€. Journal of Transportation Engineering., ASCE, 121(6).

Drew, D.R. (1968). “ Traffic Flow Theory and Controlâ€. McGraw-Hill Series in Transportation.McGraw-Hill Book Company. New York, N.Y.

Evans, L. (1991). “Traffic Safety and The Driverâ€. Van Nostrand Reinhold, New York.

Hair, J.F.,et.al. (1988). “Multivariate Data Analysisâ€, Prentice-Hall International, Inc., New Jersey.

Direktorat Jendral Bina Marga (1996). “Indonesian Highway Capacity Manualâ€. Jakarta.

Khisty, C.J. (1990). “Transportation Engineering : An Introductionâ€. Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs, N.J.

Myers, R.H. (1990). “ Classical and Modern Regression with Applicationâ€. PWS KENT Publishing Company. Boston, M.A..

Ogden, K.W., Taylor, S.Y. (1999). “Traffic Engineering and Managementâ€. Institute of Transport Studies, Monash University, Australia.

Oglesbly, C.H. & Hick, R.G. (1982).“ Highway Engineeringâ€. Jhon Willy & Soons Inc. New York, N.Y.

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. (2004). “Pedoman Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaanâ€. Jakarta.

Sailendra, A.B. (1986). “ Pengenalan Faktor Penyebab Kecelakaan Lalulintas Dari Aspek Prasarana Jalanâ€. Balai Litbang Kimbangwil – Puslitbang Teknologi Prasarana Jalan. Bandung.

Santosa, W. (2003). “ Strategi Peningkatan Keselamatan Lalulintas di Jalan Rayaâ€. Orasio dies natalis ke-43, Fakultas Teknik Universitas Katolik Parahyangan. Bandung.

Vogt, A. (1999). “Accident Model fpr Rural Intersections : Four-Lane by Two-Lane Stop Controlled and Two Lane by Two Lane Signalizedâ€. Federal Highway Administration Report FHWA-RD-99-128. Washington, DC.

Ziad, S., and Tarek, S. (2001). “ Evaluating Safety of Urban Arterial Roadways.†Journal Transportation Engineering, ASCE, 127(2).




DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v2i1.646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.