ALTERNATIF STRUKTUR ATAS JEMBATAN DENGAN GELAGAR BETON BERTULANG (Studi kasus: Peningkatan Jembatan Leuwi Putat, Kec. Pagelaran, Kab.Cianjur)

Yudi sekaryadi

Abstract


Jembatan  merupakan  bangunan pelengkap jalan untuk memperlancar system transportasi darat dan sangat penting bagi manusia karena berfungsi sebagai penghubung antara satu daerah dengan daerah lainnya. Jembatan Leuwi Putat merupakan jembatan yang terletak di kecamatan Pagelaran, kabupaten Cianjur dan termasuk jembatan yang menunjang kelancaran perekonomian wilayah sekitar. Kondisi jembatan tersebut sudah tidak layak untuk dipakai jauh dari kata keamanan dan kenyamanan, untuk itu perlu diperbaiki dengan mendesain ulang struktur atas jembatan. 

 

Pada tugas akhir ini dicoba mendesain struktur atas jembatan Leuwi  Putatdengan jenis jembatan beton bertulang balok T yaitu jembatan dengan jenis gelagar nya berbentuk huruf “T” dengan bahan dasarnya dari beton dan baja. Panjang bentang jembatan 2 x 22 meter dengan lebar 5 meter. Peraturan untuk perancangan pembebanan struktur atas jembatan Leuwi Putat menggunakan peraturan Departemen Pekerjaan Umum. RSNI T-02-2005, untuk perancangan struktur beton menggunakan peraturanDepartemenPekerjaan Umum.RSNI T-04-2005, dan untuk rencana anggaran biaya menggunakan harga provinsi jawab barat tahun 2015.

 

Hasil dari perhitungan konstruksi struktur atas jembatan didapat bahwa gelagar balok T didesain dengan tinggi 1,4 meter dan lebar 7 meter di butuhkan tulangan lentur 17 D32 dan sengkang D16 – 250, jembatan mampu menahan beban yang bekerja sepanjang 22 meter.Selain itu, dari hasil perhitungan trotoar, plat lantai jembatan dan balok diafragma yang dirancang untuk jembatan tersebut aman terhadap beban yang bekerja. Biaya yang dibutuhkan untuk mendasain ulang struktur atas jembatan leuwi putat yaitu sebesar Rp. 821,152,600.00

 

Kata kunci :Jembatan, gelagar balok T, beton bertulang


Full Text:

PDF

References


Asiyanto, 2008. Metode Konstruksi Jembatan beton, UI Press, Jakarta

Departemen Pekerjaan Umum, 2005. RSNI T-02-2005: Standar Pembebanan Untuk Jembatan. Badan Litbang PU.

Departemen Pekerjaan Umum, 2005. RSNI T-04-2005: Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan. Badan Litbang PU.

Hariandja, Binsar. 1986. Disain Beton Bertulang Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Materi perkuliahan Universitas Suryakancana Jurusan Teknik Sipil: Struktur Jembatan oleh Yudi Sekaryadi., Ir, MT. 2016

Materi Perkuliahan Universitas Suryakancana Jurusan Teknik Sipil: Struktur Beton II oleh Yudi Sekaryadi., Ir, MT. 2016

Supriyadi, Bambang & Muntohar, Agus Setyo. 2007. Jembatan Edisi Pertama. Yogyakarta: Beta Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.