PERHITUNGAN KAPASITAS JALAN DAN TEBAL PERKERASAN JALAN PADA RUAS JALAN PROFESOR MOCH. YAMIN KABUPATEN CIANJUR

Yudi Sekaryadi

Abstract


Kapasitas adalah jumlah maksimum kendaraan atau orang yang dapat melintasi suatu titik pada lajur jalan pada periode waktu tertentu dalam kondisi jalan tertentu atau merupakan arus maksimum yang dapat dilewatkan pada suatu ruas jalan. Apabila diamati secara kasat mata jumlah kendaraan yang melintasi jalan Prof. Moch Yamin cukup tinggi, mengingat jumlah kendaraan LHR

Dari Perhitungan Kapasitas pada ruas jalan Prof. Moh Yamin didapat nilai Kapasitas Jalan Perkotaan C= 2371 dan Nilai Kapasitas Dasar Co= 3100, maka tidak diperlukan pelebaran jalan karena kapasitas masih memenuhi. Jalan tersebut dilakukan pelapisan tambahan dikarenakan jalan kurang baik, dari perhitungan pelapisan pada ruas jalan tersebut dilakukan dengan metode perkerasan lentur dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebesar Rp. 2.186.451.550

 

Kata Kunci: Ruas Jalan, Kapasitas Jalan, Perkerasan Lentur


Full Text:

PDF

References


Dewan Standardisasi Nasional, Tata Cara Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen, SNI 1732-1989-F, 1987

Dewan Standardisasi Nasiaonal Perencanaan Kota MKJI 1997

Dewan Standardisasi Nasional, Tata Cara Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen, SNI 1732-1989-F, 1987

Edward K. Morlok dan Johan K. Hainim, Pengantar Teknik & Perencanaan

Ilham, Diktat Kuliah Perencangan Perkerasan Jalan.

Ilham, Diktat Kuliah Rekayasa Transportasi.

Silvia Sukirman, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova, Bandung, tanpa tahun




DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v1i02.516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.