DESAIN ALTERNATIF PERENCANAAN GEOMETRIK DAN PERKERASAN JALAN PADA RUAS JALAN PUNCAK - CIPANAS KM BANDUNG 85-87 KAB.CIANJUR PROVINSI JAWA BARAT

Yudi sekaryadi

Abstract


Permasalahan lalu lintas dibeberapa kota di Indonesia pada beberapa dasawarsa terakhir ini sudah mencapai tahap yang sangat serius. Hal ini akibat dari meningkatnya volume lalulintas yang cukup pesat akibat laju aktifitas manusia. Oleh karena itu dituntut adanya prasarana transportasi jalan yang layak yang dapat menjamin keselamatan dan kenyamanan bagi pemakainya.Dengan demikian banyak permasalahan yang terjadi di ruas jalan Cipanas-Puncak ini, bukan hanya rusaknya jalan akibat meningkatnya kendaraan-kendaraan berat yang melintas akan tetapi sering terjadinya kecelakaan yang terjadi akibat bentuk jalan yang menurun dari arah Puncak serta menanjak dari arah Cipanas membuat pengguna jalan semakin khawatir dengan kondisi jalan yang terjadi saat ini.

Pada tugas akhir mendesain alteratif perencaaan geometrik dan perkerasan jalan pada ruas jalan Puncak-Cianjur Km.85s/d Km. 87, maka didapat lalu lintas harian rata-rata dari arah Puncak- Cianjur 11680 kend/hari sedangakan untuk Cianjur-Puncak 10728 kend/hari. Dengan kecepatan rencana 60 km/jam, direncanakan 3 tikungan ( 2 tikungan  Spiral-Circle-Spiral dan 1 tikungan Full Circle). Dan untuk lapisan perkerasan jalan baru di gunakan Laston (MS 744kg) dengan ketebalan 10cm, pondasi batu pecah kelas A dengan ketebelan 25cm, pondasi bawah sirtu kelas A dengan ketebalan 40cm dan CBR tanah dasar dengan DDT 2,75. Perkerasan jalan baru sepanjang 1.100m.

Kata kunci :, geometrik, tikungan, perkerasan


Full Text:

PDF

References


Adi. J, Putra, 2013, Perencanaan Geometrik Jalan Raya dan Tebal Lapis Perkerasan Lentur Dengan Menggunakan Metode Analisa Komponen Pada Proyek Peningkatan Jalan Sei Rampah-Tanjung Beringin.

Ageunk, Perkasa, 2015, Desain Alternatif Perencanaan Geometrik Dan Perkerasan Jalan Pada Ruas Jalan Bangbayang – Gekbrong Km Bandung 74-79 Kab.Cianjur Provinsi Jawa Barat.

Bina MArga Dept. Pekerjaan Umum. No. 038/T/BM/1997 Ditjen, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota.

Departemen Pekerjaan Umum, 1989, Tata Cara Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen, SNI 1732-1989-F

Departemen Pekerjaan Umum, 1997,

Tata CaraPerencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, No.038/TBM/1997

http://Perencanaan Geometrik Jalan Raya _ benhamcivil.htm.Diakses pada tanggal 7 Januari 2014.

Departemen Pekerjaan Umum, MKJI Tahun 1997

http://dokumen.tips/documents/potongan-melintang_ benhamcivil.htm.Diakses pada tanggal 7 Februari 2016.

Ilham, Ir, MT, Transportasi 1, Bahan Ajar Kuliah Teknik Sipil Univ. Suryakancana,.

Lauwtjunji.weebly.com/survey-dan-pengukuran-awal-preliminnary-survey.html.Diakses pada tanggal April 2016.

Lembaga Penelitian-Universitas Terbuka, 2003, Studi Eksploratif Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Cianjur.

Pipinsupriatna21.blogspo.co.id/2013/04/membuat-cross-section-bag-2.html.

Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen, (2003) Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah

Silvia Sukirman, Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan

Supiani. R, Asep, 2014, Evaluasi Perencanaan Geometrik dan Tebal Perkerasan Jalan Pada Ruas Jalan Cibadak-Cikidang-Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, Cianjur.

Undang-undang No. 38 tahun 2004 tentang Jalan

Widhianto Bahtiar, 2010, Perencanaan Geomerti,Tebal Perkerasan,Anggaran Biaya dan Rencana Kerja Jalan Dawung-Koripan, Tugas Akhir Program Diploma III Teknik Sipil Transportasi Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v1i01.512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.