EVALUASI PENGGUNAAN JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG DI JALAN RAYA BANDUNG KOTA CIRANJANG KABUPATEN CIANJUR

Yudi Sekaryadi, Noval Prayoga, Nanang Dalil Hermawan

Abstract


Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) adalah jembatan yang dibuat untuk para pejalan kaki menyeberang dari satu sisi jalan ke sisi jalan lainnya. Akan tetapi di lokasi JPO Jalan Raya Bandung Kota Ciranjang banyak pejalan kaki yang hendak menyeberang tanpa menggunakan fasilitas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang ada sebagai fasilitas penyeberangan.

Pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) harus berdasarkan dari ketentuan dari Departemen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2018 tentang perencanaan teknis fasilitas pejalan kaki. Berdasarkan hasil analisis, pemilihan fasilitas JPO berdasarkan hubungan arus kendaraan dan arus penyeberang jalan dengan rumus PV2 memenuhi ketentuan yang diisyaratkan. dan berdasarkan hasil survei dan wawancara sebagian besar berpendapat penggunaannya cukup efektif.

Full Text:

PDF

References


R. Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Indonesia, 2004. [Online]. Available at: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40785/uu-no-38-tahun-2004

A. Najam en J. Sitorus, “EFEKTIVITAS DAN KEPUASAN PENGGUNA JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG (JPO) DI PASAR INDUK KRAMAT JATIâ€, J. Polli Teknol., 2018.

D. Nawir en Rusmiyanti, “Fasilitas jembatan penyeberangan orang di Kota Tarakanâ€, Borneo Eng. J., 2019.

L. Amalia, “Kajian efektifitas jembatan penyeberangan pejalan kaki pada pusat perdagangan dikota Semarangâ€, J. Tek. Sipil UNDIP, 2005.

S. Yang, J. Yang, en R. Li, “Evaluation of Pedestrian Comfort for a Footbridge with Hinged Piersâ€, 2023.

K. PUPR, Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan kaki. 2018.




DOI: https://doi.org/10.35194/jmts.v6i2.3821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL SURYAKANCANA



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.