ANALISIS TARIF ANGKUTAN UMUM BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) (TRAYEK CIANJUR-CIPANAS)

Viya Masripah Inayatillah, Wiratna Tri Nugraha

Abstract


Perkembangan transportasi di Indonesia saat ini sangat pesat. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi dan taraf hidup masyarakat yang semakin meningkat, peningkatan ini dipicu karena kebutuhan untuk memindahkan orang dan barang, maka akan ada permintaan jasa transportasi untuk kegiatan tersebut. Salah satu transpoter termudah saat ini adalah angkutan umum. Angkutan umum merupakan sistem transportasi yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat yang biasanya disediakan oleh pengusaha jasa angkutan umum. Untuk menggunakan jasa angkutan umum, penumpang akan di kenakan tarif sesuai dengan perjalanan yang ditempuh. Tarif merupakan salah satu pemenuhan keberlangsungan angkutan umum untuk menunjang biaya operasional kendaraan umum. Biasanya angakutan umum bertipe Carry dan APV dimana kapasitas penumpangnya pun berbeda.

            Studi ini menggunakan pedoman dari Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No: SK.687/AJ.206/DRDJ/2002. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui berapakah biaya operasional kendaraan angkutan umum jurusan Cianjur-Cipanas unutk angkutan umum tipe Carry dan APV, serta apakah besaran tarif yang berlaku saat ini untuk angkutan umum di kabupaten Cianjur khususnya di trayek Cianjur-Cipanas telah sesuai ditinjau dari Biaya Operasional Kendaraan (BOK). Pengumpulan data yang dilakukan pada studi kali ini dilakukan dengan survey langsung kelapangan untuk melakukan wawancara secara langsung dengan supir kendaraan angkutan umum.

            Hasil dari studi ini untuk biaya operasional kendaraan angkutan umum jurusan Cianjur-Cipanas tipe Carry sebesar Rp.9.600, dan untuk tipe APV sebesar Rp.9.409, dan hasil analisis tarif yang berlaku rute Cianjur - Cipanas yang sudah sesuai dengan BOK (Biaya Operasional Kendaraan) untuk tipe Carry sebesar Rp.10.000, dan untuk tipe APV sudah sesuai sebesar Rp.10.000, sedangkan berdasarkan tarif yang berlaku saat ini di lapangan sebesar Rp.10.000.


Full Text:

PDF

References


A. S. Listiani, I. Farida, And E. Walujodjati, “Analisis Biaya Operasi Kendaraan Dalam Penentuan Tarif Angkutan Umum Metode Direktorat Jenderal Perhubungan Darat 2002 (Studi Kasus: Trayek Angkutan Umum Tabing – Pasar Raya Padang),†J. Eval. Tarif, Vol. 5, No. 1, Pp. 16–23, 2018.

W. S, Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung: Penerbit Itb, 1990.

M. Ek, Pengantar Teknik Dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga, 1985.

Keputusan Bupati Cianjur, Sk Bupati Cianjur No 551.2/Kep.290-Dishub/2022 Tentang Tarif Angkutan Umum. Cianjur, 2022.

Peraturan Daerah Kabupaten Cianjur, Perda No 15 Tahun 2020 Tentabf Perubahan Atas Peraturan Daerah No 9 Tahun 2012 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum, Retribusi Pengujian Kendraan Bermotor, Retribusi Terminal, Rrtribusi Tempat Khuus Parkir Dan Retribusi Izin Trayek. Cianjur, 2020.

Peraturan Daerah Kabupaten Cianjur, Perda No 09 Tahun 2012 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum, Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor,Retribusi Terminal, Retribusi Tempat Khusus Parker Dan Retribusi Izin Trayek. Cianjur, 2012.

S. Priyono, “Evaluasi Kelayakan Tarif Angkutan Umum Perdesaan Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (Bok) Di Kabupaten Kebumen – Jawa Tengah (Studi Kasus : Angkutan Umum Perdesaan Jurusan Mirit – Prembun),†2010.

B. Khisty Jotin, C., Lall Kent, Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi. 2003.

Departemen Perhubungan, “Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum Di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap Dan Teratur,†Pp. 1–69, 2002.

W. Sri, Asti Listiani., Farida, Ida., “Evaluasi Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (Bok) (Studi Trayek Cilawu-Garut Kota Kabupaten Garut),†Vol. 11, Pp. 1–10, 2013.

I. R. Fakhri, “Evaluasi Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan Pada Trayek K-02 Dan K-11 Kota Bekasi,†E-Jurnal, 2020.

I. N. Ananda, “Analisis Tarif Angkutan Umum Antar Kota Berdasarkan Biaya Perasional Kendaraan (Bok) Dari Kota P.Berandan-Binjai,†2020.

Y. Runga And Pasila, “Analisa Kelayakan Tarif Angkutan Umum Kota Jayapura,†J. Konf. Nas. Tek. Sipil, Vol. Iv, No. 2, Pp. 167–182, 2022.

F. A. Pamuji, “Analisis Tarif Angkutan Antar Kota Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (Bok) Dari Kota Stabat-Binjai (Studi Kasus),†2020, [Online]. Available: Http://Repository.Umsu.Ac.Id/Handle/123456789/4840%0ahttp://Repository.Umsu.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/4840/Skripsi Fajar Burning-Dikonversi (1).Pdf?Sequence=1

M. F, Perencanaan Transportasi Untuk Mahasiswa, Perencana, Dan Praktisi. Jakarta: Erlangga, 2005.




DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v6i02.3649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.