Studi Identifikasi Daerah Rawan Kecelakaan Pada Trase Sukabumi – Cianjur Di Kabupaten Cianjur

Yudi Sekaryadi, Retno Angelina Hermawan

Abstract


Trase jalan raya Sukabumi – Cianjur merupakan jalan nasional, volume arus lalulintas pada ruas jalan ini cukup padat terutama oleh bus, truk – truk perusahaan dengan tonase yang cukup besar sehingga membuat jalan cepat rusak.  Ruas jalan termasuk jalan yang mudah terjadi kecelakaan lalulintas dan mempunyai tingkat resiko kecelakaan yang cukup tinggi. Terjadinya kecelakaan pada ruas jalan ini ditimbulkan dari beberapa faktor, yang berkaitan dengan penggunaan jalan, kendaraan dan tata letak jalan. Kondisi lingkungan, kondisi cuaca dan Konsisi kendaraan juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan cara survey meneliti masalah daerah rawan kecelakaan kemudian setelah datanya terkumpul dan disusun, selanjutnya dilakukan pengolahan data dalam Microsof Excel dan memasukan perhitungan dengan Metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dan Metode Upper Control Limit (UCL) setelah didapatkan hasil hitungan lalu melakukan audit keselamatan berdasarkan Form AKJ pada km yang menjadi titik rawan kecelakaan setelah itu merencanakan perbaikan serta anggarannya untuk meningkatkan keselamatan pada ruas jalan tersebut. Kecelakaan Lalu lintas pada ruas jalan raya Sukabumi – Cianjur dari data Polres Cianjur selama 4 tahun (2019-2022) berdasarkan data yang telah dikelompokan persegmen lalu dilakukan perhitungan dengan metode perhitungan Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dan Upper control limit (UCL) lokasi yang menjadi rawan kecelakaan berada pada segmen 4 yaitu pada STA 75+200 – STA 75+600 dengan total kejadian 33 dan 45 korban jiwa yang diantaranya 17 Meninggal Dunia, 9 Luka Berat dan 19 Luka Ringan. Dari hasil survey kondisi ekisting dengan metode audit keselamatan jalan, faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan  pada ruas jalan tersebut dari segi jalan dan lingkungan ada Sebagian jalan yang bergelombang pada STA.75+300 sepanjang 100 meter dan yang paling dominan yaitu tidak lengkapnya atribut jalan seperti tidak ada rambu penyebrangan, rambu jalan menurun dan sebagaian lampu sudah rusak dan terhalang baliho


Full Text:

PDF

References


Y. Sekaryadi, D. Setiawan, en M. S. Majid, “Perencanaan Geometrik Jalan Alternatif Kawasan Kepadatan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Nasional Cianjur - Bandungâ€, J. Momen Tek. Sipil, vol 02, no 2, bll 80–88, 2019, [Online]. Available at: https://jurnal.unsur.ac.id/momen/article/view/864

Y. Sekaryadi, D. Setiawan, en I. Nurhalim, “Kajian Korelasi Kecelakaan Dengan Kepadatan Lalu Lintas di Ruas Jalan Cianjur - Sukabumiâ€, J. Momen Tek. Sipil, vol 02, no 2, bll 93–99, 2019, [Online]. Available at: https://jurnal.unsur.ac.id/momen/article/view/866

M. D. Aulia, “Analisis Daerah Rawan Kecelakaanâ€, Civ. Eng. Res. Journal, vol 3, bll 22–28, 2022.

W. Dinullah, “Analisis Titik Rawan Kecelakaan (Blackspot) Lalu Lintas Di Kabupaten Sumbawa (Studi Kasus: Jalan Lintas Sumbawa-Bima)â€, Universiats MUhamadiyah Mataram, 2022.

A. Maudina, “Studi Identifikasi Daerah Rawan Kecelakaan Pada Ruas Jalan Padalarang–Rajamandala Kabupaten Bandung Barat)â€, Tek. Sipil,Universiats Widyatama, 2022.

Pemerintah Republik Indonesia, “Pedoman Pd-T-17-2005-B Audit Keselamatan Jalanâ€, Kementeri. Perhub., 2005.

R. P. Panjaitan, “Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Pemda Perawang Barat Dengan Menggunakan Metode Angka Ekivalen Kecelakaan Dan Metode Upper Control Limitâ€, Univ. Islam Riau, 2021.

A. M. Nilasari, W. Murdianasari, en Y. Y. Pratiwi, “Upaya Penanggulangan Lokasi Rawan Kecelakaan Pada Jalan Margonda Kota Depok Jawa Baratâ€, Forum Stud. Transp. Antar Perguru. Tinggi, 2016.

Pemerintah Republik Indonesia, “Peraturan Menteri Perhubungan No. 82 Tahun 2018 Tentang Alat Pengendali Dan Pengaman Pengguna Jalanâ€, Kementeri. Perhub., 2018.

Pemerintah Republik Indonesia, “Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No 34 Tahun 2014 Tentang Marka Jalanâ€, Kementeri. Pekerj. Umum, 2014.




DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v6i1.3598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.