Kajian Terhadap Penetapan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Mekarsari Cikalong Kulonkabupaten Cianjur Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 03/PRT/M/2013 Tentang Penyelenggaraaan Prasarana Dan Sarana Persampahan Dan Penanganan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga

Ary Patriadi Winata, Mochammad Ichwan Nur Effendie

Abstract


Kabupatan Cianjur sudah memiliki lokasi TPA yang sedang operasional yaitu pada TPA Pasir Sembung Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku, namun dikarenakan keterbatasan lahan maka TPA tersebut memiliki taraf pelayanan yang rendah serta lokasi nya yang berada di dalam Kota Cianjur wajib dikaji untuk bisa di pindahkan ke lokasi yang lebih representative sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 03/PRT/M/2013 Tentang Penyelenggaraaan Prasarana dan Sarana Persampahan dan Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, yang mengatur: perencanaan umum, penanganan sampah, penyediaan fasilitas pengolahan dan pemrosesan akhir sampah, dan penutupan/rehabilitasi TPA. Sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan mengatasi berakhirnya masa operasional TPA Pasir Sembung, Pemerintah Kabupaten Cianjur sudah memutuskan lokasi TPA baru di Desa Mekarsari Kecamatan Cikalong Kulon dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Cianjur tahun 2011–2031 dan Rencana Detail Tata Ruang Perkotaan Cianjur 2013-2033.

Tujuan studi ini ialah untuk megevaluasi kelayakan lokasi TPA sampah Mekarsari Cikalong Kulon sesuai dengan kriteria pemilihan lokasi TPA sampah di Indonesia yang telah diatur dalam Surat Keputusan Standar Nasional Indonesia (SK SNI) T-11-1991-03 Tentang Tata Cara Pemilihan Lokasi TPA yang terkait dengan aspek sosial kemasyarakatan dan aspek lingkungan yaitu layak dipertimbangkan. Terhadap kelayakan lokasi TPA serta dengan mempertimbangkan keterbatasan lahan di daerah Cikalong Kulon, maka direkomendasikan lokasi rencana TPA sampah berada pada lokasi di Desa Mekarsari, dengan luas area sekitar 17,8 Ha dari 50 Ha lahan yang direncanakan.


Full Text:

PDF

References


“Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 03/PRT/M/2013 ,Tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan Dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.â€

Daniel Yedidia W, “Penentuan alternatif lokasi tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Di kabupaten Sidoarjo,†Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2016.

Ariaf Nova Satriardi, “Perancangan TPA (Tempat Pengolahan Akhir Sampah) Gresik,†Arsitektur, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2015.

“Penentuan Lokasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah yang Ramah Lingkungan di Kabupaten Bekasi,†jurnal teknik its, vol. 8, 2019.

“Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahin 2004 tentang Pemerintahan Daerah.â€

“NSPM Bidang Persampahan Dalam Rangka Sosialisasi ke Daerah, Ditjen Tata Perkotaan dan Tata Perdesaan,†Departemen Kimpraswil. [7] “Studi Kelayakan TPA Kota Depok Tahun 2003,†Depok, 2003.

“Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Depok Tahun 2000- 2010,†Depok, 2001.

“Mencari Teknologi yang Tak Rawan Polusi, beragam teknologi pengolah sampah dikembangkan. Sayang, implementasinya belum memuaskan,†Tempo, Sep. 2005.

“Sepanjang manusia dan mahluk hidup lainnya ada, maka problematika sampah pun akan terus ada,†Pikiran Rakyat, Dec. 09, 2004.

“90% tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Jawa Barat tidak layak pakai,†Pikiran Rakyat, Nov. 22, 2004. [12] “Sindrom Sampah,†Kompas, Dec. 07, 2004.

“Konflik Sampah, Lemahnya Manajemen Persampahan,†Kompas, Nov. 25, 2004.

Taswanto and Agus, “Kajian Penentuan Lokasi TPA Sampah dari Aspek Fisik dengan SIG,†Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Diponegoro, Semarang, 2000.

Sunardi and Didik, “Mengidentifikasi Pokok-Pokok Persoalan dalam Mengelola Kerjasama Penggunaan TPA Bersama Antara Kota dan Kabupaten,†Studi Pembangunan, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 2000.

Gyotomo and Bhayu, “Kajian Pengelolaan Sampah Kota Bandung Pada TPA Sampah Leuwi Gajah,†Studi Pembangunan, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 2003.

Tusy, “Teknologi Pengelolaan Limbah dan Pemulihan Kerusakan Lingkungan,†Jakarta, 1999.

Triutomo and Sugeng, “Tata Guna Lahan dan Daya Dukung Lingkungan,†Serang, 1995.

Damanhuri and Enri, “Longsornya TPA Leuwigajah Melengkapi Citra Buruk TPA di Indonesia,†Bandung, 2005.

G. Tchobanoglous, Teisen H, and R. Eliasen, Integrated Solid Waste Management. Mc. Graw Hill: Kogakusha, LTd, 1977.

Sudjarwo, Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: Mandar Maju, 2001.

Singarimbun, Masri, and Sofian Effendi, Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES, 1989.

Sidharta and Eko Budihardjo, Konservasi Lingkungan dan Bangunan Kuno Bersejarah di Yogyakarta. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1989.

Drs. , M. Saifuddin Azwar, Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya, 2nd ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Rukmana and Nana et.al, Manajemen Pembangunan Prasarana Perkotaan. Jakarta: Pustaka LP3ES, 1993.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2002.

Reksohadiprodjo, Sukanto, and A.R Karseno, Ekonomi Perkotaan. Jogyakarta: BPFE, 1997.

Petts, Judith, and Gev Eduljee, Environmental Impact Assessment for Waste Treatment and Disposal Facilities. New York: Wiley, 1994. [29] Otto Sumarwoto, Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Djambatan: Jakarta, 2001.

M. Nazir, Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1983.

Kodiatie and Robert J, Manajemen dan Rekayasa Infrastruktur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Khadiyanto and Parfi, Tata Ruang Berbasis pada Kesesuaian Lahan. Semarang: Universitas Diponegoro, 2005.

Jayadinata and Johara T, Tata Guna Tanah Dalam Perencanaan Pedesaan Perkotaan & Wilayah. Bandung: ITB, 1986. [34] R. Hendro, Rudi P, and Hari Tri, Dimensi Keruangan Kota. Jakarta: Universitas Indonesia.

Hadi P Sudharto, Dimensi Lingkungan Perencanaan Pembangunan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2001.

Gumbira Said E, Sampah Masalah Kita Bersama. Jakarta: Melton Putra, 1987.

Gumbira Said E, Murtadho, and Juli, Penanganan dan Pemanfaatan Limbah Padat. Jakarta: Mudiyatama Sarana Perkasa, 1987. [38] C. W. Fetter, Contaminant Hyrogeology, Second Edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc, 1999.

A. J. Catanese and J. C. Snyder, Pengantar Perencanaan Kota. Jakarta: Erlangga.

S. Budhiharsono, Teknik Analisis Pembangunan Wilayah Pesisir dan Lautan. Jakarta: Pradnya Paranita, 2001.

R. Bintarto, Geografi Kota, Pengantar. Yogyakarta: Spring, 1977.

S. Azwar, Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995. [43] A. Azwar, Pengantar Ilmu Lingkungan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 1990.




DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v6i1.3595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.