REKAYASA LALU LINTAS SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL DI JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN DAN JALAN GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG

Alexander Damira ALl-fathoni, dwi herianto, Tas'an Junaedi, Siti Anugrah Mulya Putri Ofrial

Abstract


Simpang tiga pada Jalan Gajah Mada dan Jalan Perinits Kemerdekaan merupakan salah satu simpang yang berada pada Kota Bandar Lampung. dapat mengakibatkan penumpukan kendaraan, antrian dan tundaan yang memungkinkan dan mempengaruhi kinerja lalu lintas pada simpang tiga Jalan Gajah Mada dan Jalan Perintis Kemerdekaan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dua metode yang pertama adalah menggunakan metode MKJI 1997 dan menggunakan analisis software vissim. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kinerja lalu lintas pada simpang tiga tak bersinyal jalan Gajah Mada dan jalan Perintis Kemerdekaan dan untuk memberikan rekomendasi teknis agar dapat mengurangi kemacetan yang terjadi pada simpang tiga tak bersinyal.nilai tundaan simpang pada k sebesar 13 det/smp.Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa tingkat pelayanan jalan perkotaan untuk simpang tiga tak bersinyal jalan Gajah Mada dan jalan Perintis Kemerdekaan berada pada tingkat pelayanan B namun adanya aktivitas hambatan samping yang tinggi yang menyebabkan terjadinya kemacetan pada simpang tiga jalan Gajah Mada dan jalan Perintis Kemerdekaan.

Kata Kunci:

Tundaan, Simpang Tak Bersinyal, Kapasitas, Derajat Kejenuhan.vissim



Full Text:

PDF

References


Referensi

Anonim 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jendral Bina Marga Derpartemen Pekerjaan Umum.

Perhubungan, M. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Menteri Perhubungan. Jakarta.

Nugroho, Untoro, and Ganang Cucu Dwiatmaja. "Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Menggunakan Bantuan Perangkat Lunak Vissim Student Version." Jurnal Teknik Sipil 16.1 (2020): 54-74.

Widada, T., & Rahayudi, B. (2005). Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus Simpang Tiga Jalan Solo Km 13).

Wohl, M., & Martin, B. V. (1967). Traffic system analysis for engineers and planners.




DOI: https://doi.org/10.35194/jmts.v7i1.3567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.