KARAKTERISTIK KECELAKAAN LALU LINTAS DI LAMPUNG SELATAN

Miftahul Fauzan Dalius, Rahayu Sulistyorini, Siti Anugrah Mulya Putri Ofrial, Dwi Herianto

Abstract


Tingginya angka kecelakaan di Lampung Selatan perlu dilakukan identifikasi agar didapat karakteristik kecelakaan guna mengatasi dan mengurangi angka kecelakaan. Pada penelitian ini dibahas masalah kecelakaan lalu lintas di Jalan Lintas Tengah, Kecamatan Natar, Lampung Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, menganalisis faktor-faktor penyebab, dan mengetahui usaha-usaha pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas di ruas jalan tersebut. Analisis yang dilakukan yaitu menggunakan metode karakteristik dan data yang digunakan merupakan data kecelakan lalu lintas di Lampung Selatan yang diperoleh dari data Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung pada tahun 2019-2022. Hasil penelitian ini adalah karakteristik kecelakaan didominasi oleh kendaraan roda dua sebanyak 51%, dengan tipe kecelakaan Tabrak Depan  46%. Kecelakaan banyak terjadi pada siang hari sebanyak 35%, dengan usia pelaku kecelakaan 30-39 tahun sebanyak 26,1%. Faktor penyebab kecelakaan didominasi faktor manusia (90,9%) yaitu melampaui batas kecepatan, faktor jalan (6,4%) yaitu jalan bergelombang, dan faktor kendaraan (2,7%) yaitu kemudi kurang baik. Untuk menangani dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas diperlukan beberapa penanganan dan upaya pencegahan seperti melengkapi fasilitas jalan yang masih belum terpenuhi, memperbaiki jalan-jalan yang rusak.


Full Text:

PDF

References


“KABUPATEN KABUPATEN LAMPUNG SELATAN LAMPUNG SELATAN DALAM ANGKA DALAM ANGKA.†[Online]. Available: https://unsplash.com

M. Kasan and S. K. Pengajar pada Transportasi Jurusan, “Rekayasa dan Manajemen Transportasi Journal of Transportation Management and Engineering ANALISIS FLUKTUASI ARUS LALU LINTAS KOTA PALU (Studi Kasus: Kota Palu Bagian Barat).â€

“Peraturan Republik Indonesia 2009 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalanâ€.

Enggarsasi.U, “Kajian Terhadap Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Dalam Upaya Perbaikan Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas,†2017.

Fahza dan Widyyastuti, “Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol,†2019.

A. Tahir and S. P. Jurusan, “STUDI PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA SURABAYA Keyword: accident of traffic.â€




DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v6i02.3454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.