ANALISIS KINERJA DERMAGA EXECUTIVE PELABUHAN PENYEBERANGAN BAKAUHENI

Muhammad Farhan, Dwi Herianto, Siti Anugrah Mulya Putri Ofrial, Rahayu Sulistyorini

Abstract


Dermaga Executive Pelabuhan Bakauheni merupakan pelabuhan umum yang melayani penyeberangan antara pulau, yang menjadi pilihan utama pengguna jasa penyeberangan dari pulau Sumatera ke pulau Jawa. sehingga sangat berpengaruh apabila terjadi masalah penundaan di pelabuhan tersebut. Kendala yang sering terjadi pada saat hari raya yaitu terjadinya penumpukan kendaraan yang menyebabkan antrian panjang, sedangkan pada hari biasa kinerja di pelabuhan berjalan dengan optimal. Pada penelitian ini indikator kendaraan yang digunakan yaitu kendaraan roda empat karena objek tersebut mengambil banyak kapasitas di kapal yang mempengaruhi bagaimana kinerja pelabuhan berjalan. Pengambilan data primer didapatkan dari survey lapangan yang meliputi data waktu bongkar muat kendaraan dan waktu singgah kapal di Dermaga Executive, dan data sekunder didapat dari PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero). Dari hasil analisis yang telah dilakukan nilai rata-rata Berth Occupancy Ratio (BOR) dari tahun 2019-2021 sebesar 75,23% dimana berdasarkan UNCTAD untuk nilai BOR >70% sebuah Pelabuhan harus mempunyai 6-10 dermaga, di Pelabuhan Bakauheni sudah mempunyai 7 dermaga oleh karena itu tidak diperlukan penambahan dermaga. Maka solusi terbaik yang dapat dilakukan pihak terkait dalam menangani penumpukan kendaraan yaitu dengan mengalihfungsikan dermaga konvensional menjadi dermaga executive.

Kata Kunci:

Pelabuhan, Dermaga Executive, Berth Occupancy Ratio


Full Text:

PDF

References


G. Pramita, A. Phelia, dan N. Sari, "Studi Waktu Pelayanan Kapal Di Demaga I Pelabuhan Bakauheni", Journal Of Infrastructural In Civil Engineering (JICE), vol. 1, no. 1, p. 19-26, 2020.

M. F. Pradana, R. T. Bethary, dan D. Surhayanti, "Analisis Waktu Baku Kapal Di Pelabuhan Penyeberangan Merak (Studi Kasus Dermaga 4 dan 5)", Jurnal Fondasi, vol. 8, no. 1, p. 41-51, 2019.

T. K. Utami, "Kajian Evaluasi Lintas Penyeberangan Merak-Bakauheni", Warta Penelitian Perhubungan, vol. 32, no. 1, p. 43-52, 2020.

Parman, T. Y. Andaru, dan Hardjana, "Evaluasi Penyelenggaraan Angkutan Sungai Lintasan Basiri-Bapinang Di Kabupaten Kotawaringin Timur", Jurnal Politeknik Transportasi Darat Indonesia_STTD, vol. 1, no. 1, p. 1-13, 2022.

D. A. Widyarti, Rinaldi, dan F. Fatnanta, "Analisis Berth Occupancy Ratio (BOR) Untuk Memenuhi Standar Utilitas Dirjen Perhubungan Laut Pada Dermaga B Curah Cair Pelabuhan Dumai", Jurnal Jom FTeknik, vol. 4, no. 2, p. 1-10, 2017.

N. K. Park, D. G. Yoon, and S. K. Park, "Port Capacity Evaluation Formula", The Asian Journal Of Shipping and Logistics, vol. 30, no. 2, p. 175-192, 2014.

A. Fitriyani, M. D. Aulia, dan M. Fathoni, "Evaluasi Aktivitas Operasional Angkutan Penyeberangan Lintas Merak-Bakauheni", CRANE: Civil Engineering Research Journal, vol. 1, no. 2, p. 68-81, 2020.




DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v6i02.3358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.