Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Dan Kinerja Jalan Pada Ruas Jalan Lettu Hamid Kota Pagar Alam

Ali Okta Akbar, Juniardi Juniardi

Abstract


Jalan Lettu Hamid merupakan salah satu jalan yang membutuhkan peningkatan fasilitas pembangunan infrastruktur jalan.Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data jumlah penduduk kota pagar alam dan survey lalu lintas pada ruas jalan lettu hamid. Berdasarkan hasil Tinjuan lapangan di dapat jam puncak kepadatan lalu lintas nilai Q Total mencapai 759,7 Smp/Jam. Hambatan samping pada ruas jalan lettu nilai hambatan samping 351,8 dengan kategori sedang. Dari hasil analisis yang dilakukan menggunakan Pedoman Kinerja Jalan Indonesia (PKJI 2014) di dapat nilai kapasitas C = 2225,286 skr/jam, Kecepatan Arus Bebas VB = 35,9073, dengan nilai Derajat Kejenuhan DJ = 0,34 . setelah dilakukan penerapan pagar pejalan kaki di dapat nilai hambatan samping 254,8 (hambatan samping rendah), C = 2270,7 skr/jam, VB = 36,27 Km/Jam, dengan nilai DJ = 0,33. Penerapan pagar pejalan kaki dan dilarang parkir di dapat nilai hambatan samping 109,8 rendah sama dengan penerapan pagar pejalan kaki. Kesimpulan yang di dapat dari Hasil Penelitian pada jalan Lettu hamid kota pagar alam dapat dilakukan penerapan pagar pejalan kaki dapat mengurangi hambatan samping yang terjadi dari sedang menjadi rendah dengan tingkat pelayanan B dan kecepatan arus bebas mencapai 36,27 km/jam.

Full Text:

PDF

References


Adam Octaviani Litwina, dkk. 2013. Analisa Gelombang Kejut terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di JalanWalanda Maramis Bitung.

Jurnal Ilmiah, Media Engginering Volume 3, Nomor 2, ISSN 2087-9334, 94-98

Adib Wahyu Hidayat. 2020. Pengaruh Hambatan Samping terhadap Kenerja Jalan. INERSIA, Volume XVI Nomor 2, 171-178

Bolla Margareth E, Dkk. 2015. Kajian Penerapan Rekayasa Lalu Lintas Sistem Satu arah pada Simpang Tiga Straat A Kota Kupang. Jurnal

Teknik Sipil, Volume IV, Nomor 2, 218-230

Dani Kusmianingrum. 2010. Identifikasi Pengaruh Parkir di Badan Jalan terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Ki Samaun tangggerang.

Jurnal PLANESATM , Volume 1, Nomor 2.

Direktorat Jendral Bina Marga, 2014, Kapasitas Jalan Perkotaan, Kementrian Pekerjaan Umum

Direktorat Jendral Bina Marga, 2014, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, Departemen Pekerjaan Umum,

Intari Dwi Esti, Dkk. 2019. Analisa Simpang 3 tak Bersinyal. Jurnal Fondasi, Volume 8, Nomor 1

Lowenta Lois dan Najid. 2019. Penentuan Kapasitas Jalan Dua Lajur Dua Arah tidak Terbagi dengan Metode MKJI, Konesp PKJI dan

Survei. Jurnal Mitra Teknik Sipil Volume 2, Nomor 3, EISSN 2622-545X, 27-34.

Mashuri dan Ikbal Muh, 2011. Studi Karakteristik Pejalan Kaki dan Pemilihan Jenis Fasilitas Penyeberangan Pejalan Kaki di Kota Palu.

Jurnal Rekayasa dan Manajemen Transportasi Volume 1, Nomor 2 , 96-79

M Achmad Zultan dan Kamsiah. 2018. Studi Kinerja Ruas Jalan Arteri terhadap Pengaruh Hambatan Samping pada Ruas Jalan Yos

Sudarso di Kota Tarakan. Borneo Rngginering:Jurnal Teknik Sipil Volume 2 Nomor 1, ISSN 2581-1134, 42-50

Peraturan Pemerintah No. 26 tahun 1985, Jalan, Kementrian Perhubungan Indonesia

Peraturan Pemerintah No. 43 tahun 1993, Prasarana dan Jalan Lalu Lintas, Kementrian Perhubungan Indonesia.

Rifan Ficry Kayori, dkk. 2013. Analisa Derajat kejenuhan Akibat Pengaruh Kecepatan kendaraan pada jalan Perkotaan di Kawasan

Komersil. Jurnal Sipil Statik Volume 1, Nomor 9, ISSN : 2337-6732,608-615

Titirlolobi Angelina Indri, dkk. (2016). ANALISA KINERJA RUAS JALAN HASANUDDIN KOTA MANADO. Jurnal Sipil Statik Volume 4

Nomor 7 , ISSN: 2337-6732, 423-431.

Undang-undang No.13 tahun 1980, Jalan, Kementrian Perhubungan Indonesi




DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v6i1.3274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.