PERENCANAAN PERBAIKAN PERKERASAN JALAN LENTUR DAN KAKU PADA RUAS JALAN CIJATI-CIBUNGUR KABUPATEN CIANJUR
Abstract
Abstrak
Cianjur Regency is an area that is currently promoting development in the infrastructure sector. This includes road infrastructure which will be rebuilt on the road linking Cijati and Cibungur Padaasih. Planning this road is expected to be able to serve traffic flow in accordance with the planned age of the plan, therefore it is necessary to have a good pavement structure planning capable of carrying the load of vehicles crossing the road without causing damage to the road construction itself, thereby providing a sense of security. and comfortable for users of the Cijati-Cibungur road.
The methodology in this study uses the calculation of the thickness of the pavement component, the analysis of the bina marga component and the calculation of the thickness of the rigid pavement using the Pd.T-14-2003 method of cement-concrete pavement planning.
The results of the analysis of flexible pavement thickness, Surface layer = 10 cm (AC-BC=6 and AC-WC=4), Upper foundation layer = 11.5 cm (CBR 100%)s, Sub-base layer = 10 cm (CBR 70 %) and for rigid pavement, Concrete Plate Layer = 16.5 cm, Foundation Layer = 10 cm.
Â
Keywords : Road Pavement, Flexible Pavement, Rigid Pavement
Â
Abstrak
Kabupaten Cianjur merupakan wilayah yang sedang menggalakan pembangunan di bidang infrastruktur., dalam hal ini termasuk juga insfrastruktur jalan yang akan dibangun ulang di ruas jalan yang menghubungkan antara Cijati dan Cibungur padaasih. Perencanaan jalan ini diharapkan dapat melayani arus lalu lintas sesuai dengan  umur  rencana  yang  direncanakan,  oleh  karena  itu  perlu  adanya perencanaan  perkerasan  struktur  jalan  yang  baik  mampu  memikul  beban kendaraan yang melintasi jalan tersebut tanpa menyebabkan kerusakan pada konstruksi jalan itu sendiri, dengan demikian akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna ruas jalan  Cijati -Cibungur.
Metodologi dalam penelitian ini menggunakan perhitungan tebal perkerasan jalan analisa komponen bina marga dan perhitungan tebal perkerasan kaku menggunakan metode Pd.T-14-2003 Perencanaan perkerasan jalan beton semen.
Hasil analisa tebal perkerasan jalan lentur,Lapis permukaan = 10 cm (AC-BC=6 Dan AC-WC=4), Lapisan pondasi ata =11,5 cm (CBR 100%)s, Lapisan pondasi bawah = 10 cm (CBR 70%) dan untuk perkerasn kaku Lapis Plat Beton = 16,5 cm ,Lapis Pondasi=10 cm.
Â
Kata kunci : Â Perkerasan Jalan, Perkerasan lentur, Perkerasan Kaku
Full Text:
PDFReferences
Darmawan, M. A. (2020). Analisa Perbandingan Biaya Perkerasan Kaku dan Perkerasan Lentur Pada Proyek Jalan Middle Ring Road Kota Makassar. Teknik Sipil.
Departemen Pemukiman Dan Prasarana Wilayah.2003. Perencanaan perkerasan jalan beton semen Metode SNI 2003 Pd T-14-2003. Departemen Pemukiman Dan Prasarana Wilayah. Jakarta. Direktorat Jendral Bina Marga.1987.
Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisis Komponen. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta
Ilham. (2017). Diktat Kuliah Perencanaan Perkerasan Jalan. Universitas Suryakancana Cianjur: Tidak diterbitkan. Ilham. (2017).
Diktat Kuliah Rekayasa Transfortasi I. Universitas Suryakancana Cianjur: Tidak diterbitkan.
Klasifikasi jalan menurut wewenang pembinaan sesuai PP. No. 26/1985 PP. No. 26/1985 adalah jalan Nasional, Jalan Kabupaten/Kotamadya, Jalan Desa, dan Jalan Khusus.
Ramadhan, H. M. (2021). Perencanaan Peningkatan Jalan Cisereh-Arca Perbatasan Bogor Kabupaten Cianjur. Universitas Suryakancana.
Salamah, N. (2020). Perencanaan Akses Jalan Antara Jalan Nasional Cidaun Naringgul Dengan Desa Mekarsari Menggunakan Perkerasan Lentur. Universitas Suryakancana.
Teknik Sipil, Dunia, 2020. “Perkerasan Jalanâ€, diaksespada22nove2021pukul22.18.https://1.bp.blogspot.com/wgNyUZld4/X1vfUvuaSgI/AAAAAAAAHX0/JO_gd8ScvqwrBMNfkeQCddfUiHea58vZgCLcBGAsYHQ/s960/Tabel%2BKlasifikasi%2BJalan.png
Undang-Undang tentang jalan, No.13 tahun 1980 dan peraturan Pemerintah No. 26 tahun 1985.
Wardani, I. K. (2016). Perbandingan Kontruksi Perkerasan Lentur Dan Perkerasan Kaku Serta Analisis Ekonominya pada proyek Frontage Roda Sisi Barat Surabaya. Universitas ITSN Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v5i1.2489
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL
JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :
Â
Â
Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA
This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.