PERENCANAAN TEBAL LAPISAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) DAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) PADA JALAN KUBANG – PANYUSUHAN KABUPATEN CIANJUR

M Fikri Assidik, Yudi Sekaryadi

Abstract


Abstrak

DESIGN OF RIGID PAVEMENT AND FLEXIBLE PAVEMENT

ON JALAN KUBANG – PANYUSUHAN KABUPATEN CIANJUR 

Heavy traffic and violations against road users as well as owners of large vehicles passing through often make the construction of the pavement damaged. Road pavement is one of the main structures in road construction where the construction system is required to provide security and comfort for its users. Factors that affect the performance of road pavements are traffic, weather, pavement design, and maintenance.

In this study, an analysis of the thickness of the pavement layer was carried out using the 1987 Bina Marga Component Analysis Method and the Pd.T.14.2003 Method. The road section studied is the Kubang - Panyusuhan road with a length of 10 km and a width of 5 m. The planned life span is 10 years.

From the results of the calculation and overall discussion for the planning of flexible pavement thickness, this road uses AC WC surface layer = 5 cm, Ac-Base Upper Foundation layer = 6 cm, Aggregate Foundation layer B class = 28 cm. And for the rigid pavement layer is used based on the results of the calculations obtained: The road surface layer uses a class B aggregate foundation layer, CBR 5% subgrade and for the thickness of cement concrete obtained 25cm.

Keywords: rigid pavement, flexible pavement, road pavement

Abstrak

Padatnya lalu lintas dan pelanggaran pada pemakai jalan serta pemilik kendaraan besar yang melewati seringkali membuat konstruksi pada perkerasan jalan mengalami kerusakan. Perkerasan jalan merupakan salah satu struktur utama pada konstruksi jalan dimana sistem konstruksinya dituntut untuk bisa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dari perkerasan jalan adalah lalu lintas yang melewati, cuaca, desain lapis perkerasan, serta pemeliharaan.

Pada penelitian ini dilakukan analisis untuk tebal lapis perkerasan jalan dengan menggunakan Metode Analisa Komponen Bina Marga 1987 dan Metode Pd.T.14.2003. Ruas jalan yang diteliti adalah jalan Kubang - Panyusuhan dengan panjang jalan yang diteliti 10 km dan lebar jalannya adalah 5 m. Untuk umur rencana direncanakan 10 tahun.

Dari hasil perhitungan dan pembahasan secara keseluruhan untuk perencanaan tebal perkerasan lentur jalan ini menggunakan Lapis permukaan AC WC = 5 cm, Lapis Fondasi Atas Ac-Base = 6 cm, Lapis Fondasi Agragat kelas B = 28 cm. Dan untuk lapisan perkerasan kaku digunakan berdasarkan hasil dari perhitungan diperoleh : Lapis permukaan jalan menggunakan lapis pondasi agregat kelas B, CBR Tanah dasar 5% dan untuk ketebalan beton semen didapat 25cm.

Kata kunci: Perkerasan kaku, perkerasan lentur,Perkerasan jalan



Full Text:

PDF

References


Buku

AASHTO,1993, Guide for Design of Pavement Structures. AASHTO, Washington DC, USA.

Afrijal ,2010, Ka}ian Metoda Perencanaan Pelapisan Ulang Campuran Beraspal (AC) Di Atas Perkerasan Beton. Tugas Akhir, Universitas Sumatera Utara.

Arnis,2012, Langkah-langkah perhitungan tebal pelat beton. Bandung. Basuki, H. ,1986, Perkerasan Beton, Yogyakarta: Penerbit UGM.

Braja M.Das. Mekanika Tanah Prinsip-prinsip rekayasa geoteknis. PT. Gelora Aksara Pratama.Surabaya.

Croney, D. ,1977, The Design and Performance of Road Pavements. Transport and Road Researeh Laboratory, London.

Departemen Pemukiman Dan Prasarana Wilayah ,2003, Perencanaan perkerasan }alan beton.

Direktorat Jenderal Bina Marga ,2003, Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003). BSN.

Huang, Y. H. ,2004, Pavement Analysis and Design. Seeond Edition, New Jersey: Pearson Edueation.

Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga ,2013, Manual Desain Perkerasan Jalan.

Saodang. IR. Hamirhan,1819, Konstruksi Jalan Raya Peraneangan perkerasan jalan raya. Bandung: Nova.

Toronto. Sulaksono, S. W. ,2000, Rekayasa Jalan, Bandung: Penerbit ITB.

Internet

Putri. P (2020) Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Dengan Menggunakan Metode Analisa Komponen Bina Marga 1987 Dan Rencana Anggaran Biaya Konstruksinya Pada Ruas Jalan Ban}aran-Balamoa Https://Core.Ae.Uk/Download/Pdf/335075353.Pdf Diakses tanggal 09 Juni 2021




DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v5i1.2461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.