PERENCANAAN SISTEM DRAINASE JALAN RAYA (STUDI KASUS JALAN ARIA WIRATANUDATAR CIANJUR)

Muhammad Dikriyanto, Eri Rihandiar

Abstract


Banjir merupakan masalah yang mengganggu kelancarana aktivitas suatu kawasan. Oleh sebab itu diperlukan penanganan drainase secara tetap dan efisien pada kawasan tersebut, yang akan berdampak pada naiknya produktivitas ekonomi di kawasan yang terkena banjir.

Ada beberapa kawasan di Kabupaten Cianjur yang merupakan daerah rawan banjir, salah satunya di ruas Jalan Aria Wiratanudatar Kab. Cianjur, daerah tersebut mengalami banjir apabila diguyur hujan sehingga air dari saluran drainase melimpas ke perkerasan jalan. Menurut hasil survei, banjir tersebut dialami karena faktor penyempitan dimensi saluran drainase, penyumbatan saluran, jadi saluran yang ada pun tidak mampu mengalirkan debit air dengan secepatnya ke pembuangan akhir. Maka dari itu tujuan penelitian ini akan merencanakan kembali dimensi saluran drainase dengan data curah hujan yang ada atau didapat dari instansi terkait, penelitian ini dimulai dari survei lapangan kemudian pengumpulan data dan pengolahan data sampai dengan perhitungan dimensi saluran baru dan merencakan sumur resapan sebagai alternatif lain daripada drainase.

Lokasi yang ditinjau sepanjang 3,2 km, metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mencari intensitas curah hujan (I) yaitu distribusi Gumbel, dan untuk menghitung besarnya debit pengaliran (Q) menggunakan metode Rasional, dari hasil analisa yang dilakukan, saluran drainase pada lokasi yang ditinjau ruas jalan Aria Wiaratnudatar Kab. Cianjur yang dibagi menjadi 3 (tiga) bagian P1,P2, dan P3, melalui pengamatan dan penelitian perhitungan, Besarnya debit limpasan air yang mengalir dilokasi yang ditinjau dengan hasil perhitungan yaitu : P1 = 1,27 m³/detik, P2 = 1,17 m³/detik, P3 = 1,37 m³/detik.

Kata Kunci : Saluran Drainase, Debit air, banjir, Data curah hujan, dan Sumur Resapan.


Full Text:

PDF

References


Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang berkelanjutan.

SNI-03-3424-1994, Tata cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan.

Diyanto Wirastowo. 2007. Tugas akhir, Unika Soegijapranata : Semarang.

Documents.tips, rancangan-drainase, http://documents.tips/documents/bab-1-rancangan-drainase/ diakses 26 juli 2019

Lorens kambuaya, 2014, bentuk-dan-dimensi-saluran-terbuka, http://lorenskambuaya.blogspot.co.id/2014/05/ diakses 26 juli 2019

Arya persada, sistem-drainase-jalan, www.Aryapersada.com/sistem-drainase-jalan/ diakses 26 juli 2019

Darmadi, 2014, Pedoman-perencanaan-drainase-jalan.pdf, www.wordpress.com/ Pedoman-perencanaan-drainase-jalan.pdf/ diakses 26 juli 2019




DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v3i1.1021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.