Fitur Reminder Angsuran Pinjaman Anggota Menggunakan Sms Gateway Pada Sistem Informasi Simpan Pinjam Berbasis Web Di KPRI Mitra Setia

Ai Musrifah, Eneng Siti Sa'adah

Abstract


KPRI Mitra Setia adalah koperasi yang sudah lama berdiri dari tahun 1930 sampai sekarang dan koperasi ini khusus untuk pegawai Negeri Kecamatan Cibeber, seiring meningkatnya permasalahan yang ada di KPRI Mitra Setia ini seperti pengelolaan simpan pinjam, semakin banyaknya data, sering terjadi keterlambatan pembayaran angsuran, dan perhitungan yang belum terkomputerisasi. Oleh karena itu di buat Fitur Reminder Angsuran Pinjaman Anggota Menggunakan Sms Gateway pada  Sistem Informasi Simpan Pinjam Berbasis Web di KPRI Mitra Setia untuk mengurangi permasalahan yang muncul.

Dalam pembuatan aplikasi  ini digunakan metoda pengembangan sistem berdasarkan paradigma Waterfall . Sedangkan untuk metode perancangan sistem menggunakan konsep perancangan terstruktur dimana menggunakan alat-alat perancangan seperti Use Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram dan Sequence Diagram. Bahasa pemograman yang digunakan untuk membangun aplikasi ini yaitu bahasa pemrograman php.

Sistem yang dirancang mempunyai kelebihan dalam mempermudah perhitungan proses pengelolaan data simpan pinjam dan dalam pencarian mengakses data mengenai simpan pinjam lebih mudah, serta aplikasi ini memberikan kemudahan kepada anggota untuk melihat langsung di web berapa simpanan uang yang masuk dan mempermudah mengingatkan tanggal jatuh tempo pembayaran angsuran kepada anggota.

 


Keywords


Sistem Informasi, Waterfall, Pengelolaan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v10i2.887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref