Perancangan Sistem Kendali Automatisasi Control Debit Air pada Pengisian Galon Menggunakan Modul Arduino

Sutono Sutono, Asri Nursoparisa

Abstract


Air merupakan zat kehidupan , di mana tidak ada satupun makhluk hidup di bumi ini yang tidak membutuhkan air . Sebagian besar penduduk di Indonesia masih menggunakan air sumur sebagai sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Dengan bertambahnya aktivitas dan jumlah penduduk, maka jumlah air bersih yang diperlukan manusia akan semakin meningkat. Secara global kuantitas sumber daya tanah dan air relatif tetap, sedangkan kualitasnya makin hari makin menurun.

Pada saat ini terkadang pemilik air galon lupa dalam pengisian air galon karena ketidaktahuan kapan galon yang akan habis. Air galon seringkali tidak terkontrol saat para pemilik galon menggunakan kebutuhan air galon pada keseharian. Karena adanya kesalahan seringnya para pengguna air galon merasa air memenuhi kebutuhan sesuai dengan jumlah orang di dalam rumah maupun didalam kantor padahal kebutuhan air galon tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan orang dalam jumlah banyak. Maka dari itu sering sekali ada keterlambatan dalam pengisian air galon. Keterlambatan pengisian galon ini karena tidak terkontrolnya.

Dalam pembuatan sistem ini menggunakan metode pengembangan sistem berdasarkan paradigma Prototype yang terdiri dari Communication, Quick Plan, Modeling Quick Design, Construction Of Prototype, dan Deployment Delivery dan Feedback. Sedangkan untuk metode perancangan sistem menggunakan flowchart. Perangkat yang digunakan merupakan Arduino Mega 2560, Waterflow, Buzzer, RTC Modul DS32321 dan LCD 16 x 2 I2C.

Hasil dari penelitian ini diimplementasikan menjadi sebuah alat yang mampun mendeeteksi saat air dalam galon hampir habis. galon yang hampir habis ditandai dengan buzzer yang otomatis berbunyi. Diharapkan dapat meningkatkan ketepatan dalam pengisian air galon dan tidak terjadi keterlambatan dalam pengisian air galon.

Keywords


Air, Alarm, Prototype, Arduino

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v11i1.885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref