Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Diklat Menggunakan Metode Servqual Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi (Studi Kasus: Balai Diklat Metrologi)

Erwin Yulianto, Arief Ginanjar

Abstract


Balai Diklat Metrologi saat ini tengah berbenah diri dengan mengembangkan fasilitas dan infrastruktur termasuk peningkatan dari segi kualitas pelayanan informasi.Pembenahan-pembenahan yang dilakukan saat ini sayangnya tidak selaras dengan kualitas pelayanan informasi baik di internal instansi maupun secara eksternal. Hal tersebut terjadi karena budaya kerja Silo yang terjadi di Balai Diklat Metrologi, yaitu sebuah pola pikir masa kini ketika beberapa bagian tertentu tidak menginginkan untuk berbagi informasi dengan bagian atau sektor lainnya di dalam organisasi yang sama. Tipe mentalitas seperti ini akan mengurangi efisiensi dalam proses bisnis keseluruhan, mengurangi nilai-nilai moral, dan berpotensi terciptanya budaya organisasi yang kontra produktif. Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi, maka solusi yang akan diberikan yaitu dengan melakukan pembangunan Sistem Informasi Manajemen Diklat dengan menggunakan metode Servqual. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah metode berorientasi objek dengan tahapan software development life cycle menggunakan model Evolutionary Prototype. Dengan adanya solusi yang dibangun pada Balai Diklat Metrologi, diharapkan kualitas layanan informasi yang diharapkan bagi pihak eksternal dan internal dapat meningkat.


Keywords


Rancang Bangun, Sistem Informasi Manajemen, Pendidikan dan Pelatihan, Metode Servqual, Kualitas Pelayanan Informasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v11i1.883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref