Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Blended Learning Universitas Bina Sarana Informatika

Taufik Rahman, Calvin Nur Alfian

Abstract


Model pembelajaran blended learning memadukan berbagai pendekatan pendidikan dengan mengintegrasikan metode tatap muka dan pembelajaran daring melalui platform Mybest di Universitas Bina Sarana Informatika. Dengan meningkatnya kebutuhan akan metode pengajaran yang fleksibel dan efektif, blended learning menggabungkan keunggulan dari kedua bentuk pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menilai persepsi mahasiswa terhadap efektivitas penerapan model blended learning. Metode deskriptif kuantitatif digunakan, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan lewat Google Forms. Kuesioner tersebut mencakup 16 pertanyaan dengan skala penilaian dari 1 (sangat tidak setuju) hingga 5 (sangat setuju). Data dianalisis menggunakan teknik statistik, serta uji validitas, reliabilitas, dan regresi linear sederhana. Sampel penelitian melibatkan 100 mahasiswa aktif dari Universitas Bina Sarana Informatika, dan analisis dilakukan menggunakan SPSS 26. Hasil regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa variabel X berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa model blended learning memiliki dampak positif terhadap efektivitas pembelajaran dan meningkatkan motivasi mahasiswa. Data dari kuesioner mengonfirmasi bahwa mahasiswa merasakan manfaat dari penerapan model blended learning dalam pengalaman belajar mereka. Bagi Universitas, Universitas perlu terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas sistem pembelajaran berbasis teknologi yang mereka tawarkan, seperti platform e-learning dan sistem manajemen pembelajaran online. Peningkatan kualitas sistem ini akan memastikan bahwa mahasiswa dapat mengakses materi dan berinteraksi dengan pengajaran secara lebih efisien.

Keywords


Deskriptif; Kuantitatif; Persepsi; Pembelajaran; Blended

References


N. Nurhadi, “Blended Learning Dan Aplikasinya Di Era New Normal Pandemi Covid-19 Blended Learning and Its Application in the New Normal Era of the Covid-19 Pandemic,” J. Agriektensia, vol. 19, no. 2, pp. 121–128, 2020.

M. A. S. Tabbu, Hasriyanti, N. A. Mukhtar, M. N. Sulaiman, and Rosidah, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Model Blended Learning Berbasis LMS Moodle,” Jupiter J. Pendidik. Terap., vol. 1, no. 1, pp. 78–86, 2023.

N. Inom Nasution1, Aji Pramudya2, Amaluddin Tanjung3, Dina Oktapia4, Khoirun Nisa5, Nindya Azzahrah6, “Supervisi Pendidikan Era Society 5.0,” Inspirasi Dunia J. Ris. Pendidik. dan Bhs., vol. 2, no. 2, pp. 118–128, 2023.

L. Pohan and J. Maulina, “Blended Learning Integrated with Project-Based Learning: Its Effect on Learning Outcomes, Perception, and Self-Regulated Learning,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 6, no. 2, pp. 97–106, 2022, doi: 10.23887/jpki.v6i2.48213.

W. Nugroho, “Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Calon Guru Matematika Pada Praktik Magang Blended Learning,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 12, no. 3, pp. 250–260, 2022, doi: 10.24246/j.js.2022.v12.i3.p250-260.

K. Kamarudin, I. Abduh, and M. Agusman, “Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19: Efektivitas Pembelajaran PJOK di SMA Kota Palu,” J. Kreat. Online, vol. 11, no. 1, pp. 22–29, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jko/article/view/3392%0Ahttps://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jko/article/download/3392/1820

R. Yovita, S. Barat, and P. Campuran, “PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN CAMPURAN DI SMA Teachers And Students Perception Toward Blended Learning At Senior High”.

Amiruddin, Muhammad Haristo Rahman, Akmal Hidayat, and Wirawan Setialaksana, “Persepsi Mahasiswa mengenai Pengalaman Perkuliahan dengan Moda Blended di Masa Post-Pandemic,” J. Pendidik. Terap., vol. 01, pp. 37–43, 2023, doi: 10.61255/jupiter.v1i2.152.

M. Tubagus, A. R. Runtu, N. Ainung, Z. S. Putri, and M. Raihan, “Analisis Perkembangan yang Mempengaruhi Penerimaan Blended Learning di Kalangan Mahasiswa PTN Makassar,” vol. 1, no. 1, pp. 39–49, 2024.

A. G. Prawiyogi, T. L. Sadiah, A. Purwanugraha, and P. N. Elisa, “Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 446–452, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i1.787.

M. N. Adlini, A. H. Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, and S. J. Merliyana, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 974–980, 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

A. A. (2020). Riyanto, S., & Hatmawan, “Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Deepublish.”

A. S. Millah, Apriyani, D. Arobiah, E. S. Febriani, and E. Ramdhani, “Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas,” J. Kreat. Mhs., vol. 1, no. 2, pp. 140–153, 2023.

W. Wahyudi, “Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif Di Sman 1 Babadan Ponorogo),” KadikmA, vol. 13, no. 1, p. 68, 2022, doi: 10.19184/kdma.v13i1.31327.

A. Rakhman, “Pengertian Uji Validitas dan Reliabilitas,” Rakhman.Net, 2022.

Ir. Erzed Nixon MT, “Materi Pertemuan Ol-56 Statistik 2 Universitas Esa Unggul,” 2019.




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v16i2.4694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref