INKUBATOR PENETASAN TELUR AYAM BERBASIS ARDUINO

Finsa Nurpandi, Alit Puji Sanjaya

Abstract


Saat ini Arduino sangat popular di seluruh dunia. Banyak pemula yang belajar mengenal robotika dan elektronika melalui Arduino karena mudah dipelajari. Tapi tidak hanya pemula, para professional pun ikut senang mengembangkan elektronik menggunakan Arduino. Berkembangnya teknologi saat ini yang semakin canggih, sejalan dengan kemajuan zaman maka penggunaan teknologi semakin meningkat. Salah satunya perangkat kontroler yaitu mikrokontroler, Mikrokontroler adalah sebuah sistem komputer fungsional dalam sebuah chip. Di dalamnya terkandung sebuah inti prosesor, memori, dan perlengkapan input output.  Mikrokontroler merupakan komputer didalam chip yang digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik.

Inkubator adalah alat yang dipanasi dengan aliran listrik pada suhu tertentu yang dipakai untuk mengerami telur, mikroba dan menghangatkan bayi yang lahir prematur. Dalam inkubator tersebut terdapat lampu yang di pakai untuk menghangatkan telur sehingga telur dapat menetas dengan kualitas baik dan hanya lampu pijar.

 Perancangan inkubator ini menggunakan aplikasi IDE yaitu software yang di gunakan untuk menulis program Arduino di computer yang di komplikasikan menjadi bahasa mesin untuk merancang materi yang ada. Untuk penulis pengembangan aplikasi menggunakan pengembangan lengkungan metode propotyping terdiri dari 5 (lima) tahap, Komunikasi, rencana cepat, desain cepat Modeling, komunikasi prototipe, pengiriman pengembangan dan umpan balik. Sebagai hasil dari penelitian ini dalam bentuk perancangan inkubator penetasan telur ayam bagi peternak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id