Perancangan Animasi 3D Sarana dan Prasarana Fakultas Teknik Universitas Suryakancana Sebagai Sarana Media Promosi

Fuad Nasher, Septiana Septiana

Abstract


Fakultas Teknik merupakan salah satu Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Suryakancana Cianjur, yang terletak di Jalan Pasir Gede Raya Kelurahan Bojongherang Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Animasi dan promosi merupakan suatu bidang pembaruan dalam dunia komunikasi, dalam hal ini perkembangan sistem promosi kampus masih dalam bentuk media yang umum dan bersifat konvensional, walaupun sudah menggunakan media yang bersifat elektronik, namun dalam implementasinya untuk menarik minat calon mahasiswa baru diperlukan tampilan yang mendapat tempat sesuai dangan target yaitu pengguna media elektronik. Dalam rangka untuk mensosialisasikan dan menginformasikan Fakultas Teknik Universitas Suryakancana perlu adanya suatu media yang dapat digunakan sebagai sarana media promosi dengan tujuan  untuk menarik minat calon mahasiswa baru dalam meningkatkan jumlah mahasiswa Fakultas Teknik yaitu Media berupa Animasi 3D sebagai salah satu alternative cara berpromosi yang efektif dan  menarik. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yaitu dengan tahap mulai dari Concept, design, material collection assembly,testing sampai distribution. Penelitian ini mehasilkan Animasi 3D Sarana dan Prasarana Fakultas Teknik Universitas Suryakancana dengan  memiliki  durasi waktu 6 menit dengan konsep multimedia yang didukung dengan elemen multimedia yaitu: desain, audio, video, warna dan teks yang representatif.


Keywords


Animasi; MDLC; Blender

References


Alvia, B. (2019). Concept Design Aplikasi Rekam Medis Menggunakan Flowmap Diagram Flowchart Dengan Bentuk Efektivitas Laporan RI, 3.7. Jurnal Teknologi Informasi, Volume 10 Nomor 02, Halaman 125 : ISSN 2086-2989.

D. S. Sany, “SAGD-VL Framework: A Framework for Serious Adventure Game Development in A Virtual Laboratory,” J. Informatics Inf. Syst. Softw. Eng. Appl., vol. 5, no. 1, pp. 58–70, 2022, doi: 10.20895/inista.v5i1.865

Maimunah, (2017). Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada PT. SULINDAFIN. Jurna Teknik Informatika, Hal : 38.

. Jenifer, R. (2016). Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi 3D. Jurna Teknik Informatika, Volume 8 Nomor 1, Halaman 47 : ISSN 2301 - 8364.

D. S. Sany, M. Fikriansyah, T. Informatika, F. Teknik, and U. Suryakancana, “RPSG-A : Desain Role Playing Serious Game untuk Pelatihan Adaptasi di Lingkungan Baru Pendahuluan,” vol. 8, no. 1, pp. 99–124, 2022

D. S. Sany and A. Nurbaiti, “Desain Trivia Game untuk Latihan Assessment Kompetensi Minimum Tradisional pada Matematika Kelas V SD,” Media J. Inform., vol. 13, no. 2, p. 52, 2021, doi: 10.35194/mji.v13i2.1893. [7] Pagi, S. (2020). Audio dan Media Audio. Diakses Pada Tanggal 06 Januari 2020

Sandikapura, M. T. (2018). Sub Sistem Informasi Pembayaran Uang Semester di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Kencana Kampus 2 Tasikmalaya. Jurnal Teknik Informatika, Volume 6 Nomor 2, Halaman 42 : ISSN 2541-6375.

Miranthy. (2016). Pembuatan Film Animasi 3D Menggunakan Metode Dynamic Simulation (Studi Kasus : Alramona n’Taumatta n’Talroda). Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, Volume 5 Nomor 4, Halaman 71, 72 : ISSN 2301-8402.

Simargolang, M. Y. (2017). Analisis Sistem Pengolahan Absensi Karyawan Pada PT. Bakrie Sumatera Plantations Tbk Bunut. Jurnal Teknologi Informasi, Volume 01 Nomor 02, Halaman 117 : ISSN 2615-2738.

.[11] Penerapan Aplikasi SketchUp Untuk meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancangan Interior Gedung Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan SMKN 2 Binjai. (2019). Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, Halaman 1-6 : ISSN 2252-5122.

R. A. Arofik and D. S. Sany, “Pembuatan Gamifikasi Laboratorium Virtual (V-Lab) Jaringan Dasar dengan Desain Gamifikasi SAGD-VL Menggunakan Finite State Automata di SMKN 1 Cipanas,” in SEMINAR NASIONAL TEKNIK UNIVERSITAS SURYAKANCANA, 2023, pp. 18–27.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

. Wahyu, B. S. (2018). Manajemen Kurikulum di Sekolah. Bogor: Visi Nusantara Maju

Zaini, M. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI dministrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo . Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Volume 9 Nomor2, Halaman 532 : ISSN 2338962




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v16i1.4174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref