Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Kaidah Dalam Bahasa Arab Berbasis Android Menggunakan Algoritma Linear Congruent Method (LCM)

Gugun Rizal Nugraha, Rio Andriyat Krisdiawan, Nida Amalia Asikin

Abstract


Bahasa arab merupakan mata pelajaran yang menjadi kurikulum wajib di SD Islam Mumtaz Cihideunghilir. Akan tetapi, dengan sistem pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional serta keterbatasan waktu yang ada, membuat siswa kurang mengerti dalam pembelajaran bahasa arab khususnya materi kaidah bahasa arab. Maka diperlukan sebuah aplikasi yang dapat menunjang pembelajaran bahasa arab sebagai media alternatif belajar sekaligus di dalamnya adalah latihan soal. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang dapat memvisualkan materi kaidah atau aturan dalam bahasa arab serta latihan soal sebagai evaluasi siswa. Aplikasi yang dibuat adalah pengenalan kaidah dalam bahasa arab berbasis android yang di dalamnya diterapkan algoritma Linear Congruent Method (LCM) sebagai pengacakan soal. Metode yang digunakan adalah Rational Unified Process (RUP). Perancangan aplikasi ini mengunakan (UML) Unified Model Language. Aplikasi ini dapat digunakan oleh siswa sebagai media alternatif belajar kaidah dalam bahasa arab, yang di dalamnya juga terdapat latihan soal sebagai evaluasi siswa setelah mempelajari materi. Algoritma ini berhasil diterapkan sebagai pengacakan soal dengan jumlah total 176, yang dibagi ke dalam 6 sub bab, masing-masing 29 dengan soal yang keluar adalah 10 soal. Berdasarkan hasil UAT untuk siswa dan guru, didapatkan hasil 76,40%, dengan hasil tersebut, bahwa aplikasi dapat diterima dan membantu dalam pembelajaran bahasa arab.


Keywords


Kaidah Bahasa Arab; Android; Linear Congruent Method

References


Faishol, "Cara mudah memahami kaidah Bahasa Arab: Sebuah pengantar teori dan praktik," 2014..

Q. Nada, M. Arhami and Z. K. Simbolon, "PENGUKURAN APTITUDE DENGAN UJI KRAEPELIN MENGGUNAKAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL METHOD (LCM)," Jurnal Teknologi, vol. 22, pp. 1-9, 2022.

D. A. El Zaman, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Rotasi Revolusi Bumi Menggunakan Algoritma Occlusion Based Berbasis Android,” 2023.

Azhar, "Landasan Aplikasi," 2019.

A. Kosim, “Nama-Nama Pesantren Di Bandung Raya,” Kalamuna J. Pendidik. Bhs. Arab dan Kebahasaaraban, vol. 2, no. 1, pp. 1–23, 2021, doi: 10.52593/klm.02.1.01

Admin, “Pengertian Nahwu Shorof,” 2010. https://nahwusharaf.wordpress.com/bahasa-arab/nahwu-shorof/

L. Safitri and S. Basuki, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Text Chatting Berbasis Android Web View,” Insa. Pembang. Sist. Inf. dan Komput., vol. 8, no. 2, pp. 1–9, 2020, doi: 10.58217/ipsikom.v8i2.180

Y. E. Achyani and S. Saumi, "PENERAPAN METODE WATERFALL PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BUKU PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB," 2019

T. H. F. Harumy, J. Sitorus and M. Lubis, "SISTEM INFORMASI ABSENSI PADA PT. COSPAR SENTOSA JAYA MENGGUNAKAN BAHASA PEMPROGRAMAN JAVA," JURNAL TEKNIK DAN INFORMATIKA, vol. 5, pp. 1-8, 2018.

Suhartini, M. Sadali and Y. K. Putra, "Sistem Informasi Berbasis Web Sma Al- Mukhtariyah Mamben Lauk Berbasis Php Dan Mysql Dengan Framework Codeigniter," Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 3, pp. 79-83, 2020.

R. Gunawan, A. M. Yusuf and L. Nopitasari, "Rancang Bangun Sistem Presensi Mahasiswa Dengan Menggunakan Qr Code Berbasis Android," JURNAL ILMIAH ELEKTRONIKA DAN KOMPUTER, vol. 14, 2021.

S. S. Pandanwangi, "USULAN NILAI RELATIF JABATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE POIN PADA R.M AYAM GEPREK BU SASTRO," 2018.

Y. A. Azis, "deepublishstore," 10 Mei 2023. [Online]. Available: https://deepublishstore.com/blog/studi-pustaka/.

E. Maitsa, T. Sugiharto and Y. Nurhayati, "IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN GEDUNG BERSEJARAH DI KAB. KUNINGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA LUCAS KANADE," Buffer Informatika, vol. 6, pp. 6-15, 2020.

J. Wicaksono, M. Dharmawan A, E. Azhari W and Yoannita, "Penerapan Algoritma Linear Congruent Method Untuk Pengacakan Soal pada Pengenalan Kampus Berbasis Virtual Reality," pp. 1-11




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v16i1.4065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref