Pengembangan Game Edukasi Petualang Cerdas Berbasis Web Menggunakan Metode MDLC

Ayu Sunengsih, Aria Mubaroq Hardiansyah, Dede Nuri Haifa Lisana

Abstract


Kegiatan belajar merupakan hal penting yang harus menjadi acuan dalam proses pembelajaran terutama untuk anak-anak yang sulit untuk diajak belajar, anak-anak cenderung menyukai pembelajaran yang memiliki tampilan menarik dan menyenangkan, pembelajaran yang disampaikan dengan tampilan menarik dapat membuat minat anakanak akan belajar meningkat. Pertanyaan yang dilibatkan dalam game ini bertemakan pengetahuan umum yang cocok untuk anak sekolah dasar, seperti hal nya Matematika, Sejarah Indonesia dan Pendidikan Bahasa. Solusi yang dapat dilakukan dengan cara menyediakan media pembelajaran yang dapat menarik minat anak-anak seperti game. Petualang Cerdas merupakan sebuah game edukasi bertema adventure yang dibuat menggunakan software Construct 2 yang di askes menggunakan web browser, game ini di desain dengan semenarik mungkin dengan fitur utama dalam game ini mengajak pemain menyelesaikan misi-misi dengan menjawab sebuah pertanyanan mengenai pengetahuan umum didalamnya. Game petualang cerdas dapat menjadi game positif bagi anak-anak dalam hal proses belajar seraya bermain. Metodologi yang digunakan dalam game ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang didalamnya terdapat enam tahapan yaitu: konsep, desain, pengumpulan material, perakitan, pengujian, dan pendistribusi. Game edukasi Petualangan Cerdas diharapkan dapat membantu, memberikan manfaat dan kemudahan bagi anak-anak dalam pengalaman pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan minat belajar anak sekolah dasar umtuk mempelajari materi pengetahuan umum.


Keywords


MDLC; Game edukasi; Construct 2; Pengembangan Game

References


M. Wutun, G. A. Manu, dan D. Y. A. Fallo, “Pembuatan Game Edukasi Untuk Meninjau Efektivitas Belajar Siswa: Studi Kasus Di Sd Fatufeto 1 Kupang,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), vol. 4, no. 2, hlm. 72–79, 2021.

B. D. Septiani dan H. Okmarisa, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING PADA MATERI LAJU REAKSI,” Journal of Research and Education Chemistry, vol. 5, no. 1, hlm. 12, 2023.

L. L. Dias, J. Enstein, dan G. A. Manu, “Perancangan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia menggunakan Aplikasi Construct 2 berbasis Android,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), vol. 4, no. 1, hlm. 27–34, 2021.

H. Prasetiyo, I. Widaningrum, dan I. P. Astuti, “Game edukasi math & trash berbasis android dengan menggunakan scirra construct 2 dan adobe phonegap,” JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 4, no. 1, hlm. 37–49, 2020.

D. Arisandy, J. Marzal, dan M. Maison, “pengembangan game edukasi menggunakan Software Construct 2 berbantuan Phet Simulation berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif siswa,” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 3, hlm. 3038–3052, 2021.

Z. Nikiforidou, “Digital games in the early childhood classroom: theoretical and practical considerations,” Digital Childhoods: Technologies and Children’s Everyday Lives, hlm. 253–265, 2018.

N. P. Dewi dan I. Listiowarni, “Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), vol. 3, no. 2, hlm. 124–130, 2019.

E. Enjelita, D. Oktaviana, dan Y. Ardiawan, “Pengembangan Game edukasi Matematika Berbasis Android Menggunakan Software Construct 2 terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis,” JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, vol. 3, no. 1, hlm. 1–12, 2023.

R. Gunawan, T. H. Prastyawan, dan Y. Wahyudin, “Rancang Bangun Game Edukasi Perhitungan Dasar Matematika Sekolah Dasar Kelas 3, 4 Dan 5 Mengunakan Construct 2,” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, vol. 17, no. 1, hlm. 1–15, 2022.

Y. I. Kurniawan, U. H. Yulianti, N. G. Yulianita, dan A. P. Pratama, “ENGLISH LEARNING EDUCATIONAL GAMES FOR HEARING AND SPEECH IMPAIRMENT STUDENTS AT SLB B YAKUT PURWOKERTO,” Jurnal Teknik Informatika (Jutif), vol. 3, no. 3, hlm. 781–790, 2022.

R. Santi, “Multimedia Learning dengan Game Engine Construct 2 (Game Bubble Click untuk Latihan Membaca),” Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), vol. 7, no. 1, hlm. 89–107, 2020.

A. Syamsudin, R. Mufti, M. I. Habibie, I. K. Wijaya, dan N. Sofiastuti, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Web Pada Materi Bangun Ruang Dengan Construct 2,” Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), vol. 4, no. 1, hlm. 63–76, 2021.

F. Nasher dan M. I. Ferdiansyah, “Game Edukasi Mengenal Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini Berbasis Mobile (Studi Kasus: Dta Nurul Muttaqien),” Media Jurnal Informatika, vol. 13, no. 2, hlm. 92–100, 2021.

S. Sussi, K. M. Shihab, R. Munadi, R. R. Prasojoe, dan N. Fitriyanti, “Pembuatan Game Online BoMCleaN sebagai Media Pembelajaran Kebersihan Lingkungan,” JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), vol. 5, no. 1, hlm. 113–118, 2019.

Yanto, Andri, et al. "Peningkatan Pemahaman Matematika Dasar Materi Bilangan Cacah Melalui Game Edukasi 2d Menggunakan Metode Mdlc." KOPERTIP: Scientific Journal of Informatics Management and Computer 6.1 (2022): 1-7.




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v15i2.3907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref