Perancangan Smart Home Pemantauan Keamanan Rumah Menggunakan Microkontroller Arduino

Aldi Hidayatullah, Agung Prayitno, Putri Alya Nur Faizah

Abstract


Rumah berfungsi sebagai tempat tinggal yang aman dan nyaman. Terkadang aktivitas di dalam rumah tidak terasa tenang saat tetangga mengalami pencurian dan kebakaran. Dengan cepatnya perkemangbangan teknologi pada jaman sekarang telah membawa begitu banyak keuntungan pada kehidupan manusia misalnya penggunaan gerbang otomatis menggunakan mikrokontroller arduino. Permasalahan dari penelitian ini adalah pintu gerbang tersebut masih dioperasikan secara manual, kurang efisien dan kurang aman karena dapat dibuka oleh siapa saja dan kapan saja. Proses perancangan ini terdiri dari beberapa langkah, seperti membuat prototype desain, memilih komponen perangkat keras, membuat program, dan akhirnya mengintegrasikan sistem secara keseluruhan. Mikrokontroller Arduino merupakan pilihan yang terbaik karena mudah digunakan, dan juga dapat berkomunikasi dengan berbagai sensor dan actuator. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang dan mengimplementasikan gerbang otomatis yang dapat dikendalikan menggunakan smartphone sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan keamanan rumah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan penggunaan cara yang efektif, kemanan yang tinggi, dan kemudahan dalam pengoperasian gerbang.


Keywords


Arduino; Mikrokontroler; Smartphone; Keamanan

References


Herdianto, perancangan smart home dengan konsep Internet of Things (IoT) berbasis smartphone, “Jurnal Ilmiah Core IT”.

A. Heri, S. Gandha Intan, Smart home sistem berbasis IoT dan SMS, “TELKA”, vol. 6, no. 1, pp. 40-48, 2020.

R. Muhammad, Aisyah, S. Sintiany Dewi Ratna and A. Hendrik Delly, rancang bangun prototipe sistem rumah pintar dengan menggunakan kombinasi multisensor berbasis mikrokontroler, “ELECTROPS”, vol. 1, no. 1, pp. 1-7, 2022.

M. Muhammad, R. Willy, A. Andoyo, Taufiq and S. Fery, Implementasi aplikasi rumah pintar berbasis arduino dengan Mikrocontroller, “JUTEKS”, vol. 1, no. 1, pp 23-31, Jun. 2018.

S. Dody, K. G. Widya, and S. Chirnia, System Kendali Lampu pada Smart Home Berbasis IoT (Internet of Things), “ELECTRA”, vol. 2, no. 1, pp. 23 - 30, Sep. 2021.

P. Agung, I. Ayesha Ziky, Damayanti, B. Muhammad and A. Muhammad, System rumah cerdas berbasis IoT dengan Mikrokontroller Nodemcu dan Aplikasi Telegram, “JTIKOM”, vol 1. No. 1, pp. 8-14, Jun. 2020.

H. M. Reza, Christiono and S. B. Septiana, Perancangan System Keamanan Rumah Berbasis IoT Dengan NodeMCU ESP8266 Menggunakan Sensor Pir HC-SR501 Dan Sensor Smoke Detector, “JURNAL KILAT”, vol. 7, no. 2, Sept. 2018.

P. Sigit, and P. Rozeff, Perancangan system keamanan rumah berbasis SMS gateway menggunakan mikrocontroller arduino atmega 2560.

P. Tatak Pribadi, R. Arif and B. Abdul, Sistem Smart Home Berbasis IoT di Perumahan Dalem Perikesit.

E. Atmojo, Sustiyanti, S. Ratna, B. Tri and Nasrullah, Model Sistem Kendali Pintu Otomatis Menggunakan Barcode Berbasis PC (Personal Computer) Pada Gerbang Laboratorium Teknik Elektro Unila,”Electrician” , 2014

R. Endang Sri and N. Romi Achmad Mukthi, Perancangan Smart Home Untuk Pengendalian Peralatan Electronik Dan Pemantauan Keamanan Rumah Berbasis Internet Of Things, “Jurnal Teknologi”, vol 6, no 2, pp. 23, Juli. 2019.

W. Nugraha, P. Yoko, and R. Adwiya, Penerapan metode prototype dalam perancangan Aplikasi SIPINJAM Berbasis Website pada Credit Union Canaga Antutn, vol. 7, no. 3, pp. 212–223, 2019.

A. Burlian, and S. Samsugi, Sistem penjadwalan pompa air otomatis pada aquaponik menggunakan mikrokontrol Arduino UNO R3, “Prosiding Semnastek”, vol. 1, no. 1, 2019.

P. Febinur Alito and H. Ratna, Rancang Bangun Sistem Keamanan Gerbang Otomatis dengan Radio Frequency Identification (RFID), “SinarFe7-3”, vol. 3, no. 1, 2020

Sutono and A. Fual Al, Perancangan dan Implementasi Smartlamp Berbasis Arduino menggunakan Smartphone Android, “Media Jurnal Informatika”, vol. 11, no. 2, 201




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v15i2.3853

Refbacks



Copyright (c) 2023 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref