Sistem Informasi Pembudidayaan Ikan di Balai Pelestarian Perikanan Perairan Umum Dan Pengembangan Ikan Hias (BPPPUIH) Ciherang – Cianjur

Finsa Nurpandi, Haris Kurniawan

Abstract


Balai Pelestarian Perikanan Perairan Umum  Dan Pengembangan Ikan Hias (BPPPUIH) merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang agribisnis yang mengelola dan melestarikan perikanan perairan umum serta pengembangan ikan hias air tawar. Di BPPPUIH ini kegiatan utamanya melakukan pembudidayaan ikan. Budi daya ikan adalah salah satu bentuk budi daya perairan yang khusus membudidayakan ikan di dalam tangki atau ruang tertutup, biasanya untuk menghasilkan bahan pangan, ikan hias, dan rekreasi (pemancingan). Ikan yang paling banyak dibudidayakan adalah ikan mas, salmon, lele, dan tilapia (sejenis ikan nila).

Pada saat ini balai perikanan ini melakukan pencatatan benih ikan, pakan ikan, pembudidayaan dan pemasaran ikan sudah menggunakan komputerisasi berupa Microsoft Office. Akan tetapi, proses pengelolaan data seperti ini sangat tidak efektif dan efisien. Maka oleh sebab itu diperlukan sebuah sistem informasi berbasis web yang memudahkan dalam proses pengelolaan data pembudidayaan yang dapat diolah dan diakses kapan dan dimana pun tanpa batas ruang dan waktu.

Dalam pembuatan aplikasi berbasis web ini digunakan metode pengembangan waterfall versi Roger S. Pressman 2010 yang terdiri dari Komunikasi, Perencanaan, Pemodelan, Konstuksi, dan Penyerahan sistem/perangkat lunak ke para pelanggan/pengguna. Sedangkan untuk perancangan sistem menggunakan konsep perancangan berorientasi objek dimana menggunakan alat perancangan seperti UML (Unified Modeling Language). Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi ini yaitu menggunakan bahasa PHP dan MySQL sebagai DBMS.

Hasil dari perancangan pada penelitian ini diimplementasikan menjadi aplikasi sistem informasi pembudidayaan ikan berbasis web yang ditampilkan pada form menu utama yang terdiri dari ikan (daftar ikan dan Stok ikan), kolam, pakan (daftar pakan dan Stok pakan), budidaya (rincian budidaya dan kebutuhan budidaya), kematian ikan, dan laporan. Dengan pembuatan aplikasi ini diharapkan pengelolaan pembudidayaan ikan dapat lebih efektif dan efisien.

 

Kata kunci : Sistem Informasi, Budidaya, Waterfall, UML, PHP, MySQL

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v8i2.346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref