Implementasi Aplikasi Pelaporan Bencana Alam Berbasis Web Menggunakan Bahasa Pemprograman PHP

Aas Nuraisah, M Rafli Hidayatullah, Gingin Krishna Ragaginova, Tirana Praticia Hidayat

Abstract


Bencana alam merupakan sebuah peristiwa alam yang tidak dapat dihindari, bencana alam juga sering kali menyebabkan kerugian besar, seperti cedera fisik, kerusakan properti, kerugian ekonomi, bahkan dalam hal kehilangan nyawa. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang rawan terhadap bencana itu terjadi dikarenakan Indonesia terletak pada geografis yang berada diantara tiga lempeng tektonik besar, memiliki ratusan gunung berapi aktif dan juga karena perilaku masyarakat yang kurang menjaga lingkungan itu sendiri. Sebagai bagian upaya pencegahan bencana pada wilayah kota kabupaten Majalengka, peneliti mencoba membuat aplikasi sistem informasi yang dapat dengan mudah membantu masyarakat, Oleh karena itu, penting untuk memiliki sistem pelaporan yang efektif dan efisien untuk memfasilitasi proses tanggap darurat. Dalam penelitian ini, dilakukan implementasi menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menerapkan metode Waterfall Pressman. dipilih karena metode Waterfall Pressman memberikan pendekatan yang terstruktur dalam mengembangkan perangkat lunak, dengan tahap-tahap yang jelas dan berurutan. Dengan menggunakan metode Waterfall Pressman, proses pengembangan aplikasi ini menjadi lebih terstruktur dan dapat menghasilkan sistem yang lebih teruji dan andal. Sistem aplikasi pelayanan bencana ini menjalani pengujian untuk memastikan kesiapannya dalam merespons dan mengelola situasi bencana. Uji Fungsional memastikan bahwa semua fitur sistem berfungsi dengan benar. Pengujian: Memverifikasi bahwa peringatan dini dikirim dengan tepat, pemetaan lokasi bencana akurat, dan sistem koordinasi respons berfungsi dengan baik. Hasil uji: Jika semua fitur berfungsi sesuai yang diharapkan. Aplikasi disaster safety adalah aplikasi sistem informasi pelaporan bencana alam yang memudahkan masyarakat untuk melaporkan dan memberitahu informasi kejadian ketika bencana terjadi dengan cepat, mudah, aman dan akurat sehingga hasil yang diperoleh terpercaya berdasarkan bukti yang dapat dibuktikan keasliannya, Selain itu juga aplikasi disaster safety dapat memastikan manajemen pelaksanaan bencana dengan terintegrasi, komprehensif, mampu bertindak dengan cepat untuk penolongan pertama, serta mampu menganalisis bencana yang muncul.


Keywords


metode waterfall pressman; solusi bencana; teknologi website; pelaporan informasi

References


Perdana, R. A. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Panduan Menghadapi Bencana Alam Berbasis Android Menggunakan Adobe Animate Cc. Jurnal Pengembangan Rekayasa Dan Teknologi, 17(1), 11-15.

Mariam, S. (2023). Penerapan Algoritma Clustering K-Means Untuk Menentukan Prioritas Penerima Bantuan Rumah Akibat Bencana Alam. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 10(1), 231-240.

Tedyyana, A., Fauzi, M., Enda, D., Ratnawati, F., & Syam, E. (2022). Perancangan Aplikasi Tanggap Api Berbasis Android Menggunakan Metode Design

Sprint. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (Jtiik), 9(2), 215-224.

Ardianto, E. T., Elisanti, A. D., & Prakoso, B. H. (2022). Pengembangan Aplikasi Penanggulangan Bencana Ship, Handle & Drive Berbasis Android dan Web. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 9(3), 1973-1987.

Darmanto, D., Usman, S., & Pratiwi, I. (2022). Sistem Informasi Pemetaan Wilayah Rawan Banjir Pada BPBD Kabupaten Ketapang dalam Mitigasi Bencana. Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 11(4), 704-713.

Irawan, H., & Azizah, N. L. (2023). Rancang Bangun dan Implementasi Aplikasi e-DUPAK Pranata Komputer Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Komputasi, 22(1), 21-32.

Bagastomo, M. A., Aulia, L. A., Sinaga, M. Y. P., & Mussofa, D. A. (2022). Koordinasi Penanganan Bencana Melalui Aplikasi E-Laporanbencana Antara BPBD Provinsi Kalimantan Barat dengan Masyarakat. COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 328-337.

Arsyad, M., & Wati, M. (2023). Model Aplikasi Pelaporan Titik Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Berbasis Android. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 11(3), 873-882.

Zaman, S. (2021). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Distribusi Bantuan Bencana Alam dengan Memanfaatkan Metode Rational Unified Process. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 7(2), 69-76.

Muzakir, A., & Hidiansah, E. (2018). Mobile Hybrid Application Sebagai Solusi Dalam Pelaporan Bencana Menggunakan Framework Cordova. Jurnal

Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(2), 242-248.

Legiawan, M. K., & Zamil, D. M. I. (2018). PERANCANGAN APLIKASI LAYANAN

PRAKTEK KERJA LAPANGAN MAHASISWA DI BALAI PENELITIAN TANAMAN HIAS CIHERANG BERBASIS WEBSITE. Media Jurnal Informatika, 9(2).

Saraswati, N. W. S. (2022). SISTEM INFORMASI PENJUALAN KERAJINAN BAMBU PADA UD. TAMAN LESTARI BERBASIS WEBSITE. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 11(2), 116-123.

Nugraha, B. S., Cahyono, A. B., & Darminto, M. R. (2022). Aplikasi Geotagging Pelaporan Bencana Menggunakan Google Maps API Berbasis Android. Jurnal Teknik ITS, 11(3), A258-A263.

Warman, I., & Ardila, A. (2022). Sistem Informasi Mitigasi Rawan Bencana Kota Padang Berbasis Web-ArcGis. Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 13(1), 38-44.

Jaya, I. K. N. A., & Digita, I. D. K. L. (2022). Sistem Informasi Geografis (SIG) Sebaran LPD di Kota Denpasar Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 11(3), 224-232.

Sahrial, R., & Muslim, B. (2023). Aplikasi Informasi Gempa Menggunakan Data Terbuka BMKG. Media Jurnal Informatika, 15(1), 49-55.




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v15i2.3311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref