Analisis Kualitas Website Intranet Mydbs Menggunakan Metode Webqual 4.0 Pada PT. Bank DBS Indonesia

Dewi Setiawati, Khoirun Nisa

Abstract


Website PT. Bank DBS Indonesia menjadi salah satu tempat untuk mencari berbagai infomasi yang dibutuhkan oleh pegawainya. Banyaknya fitur yang ada di website PT. Bank DBS Indonesia membuat staff IT diperusahaan ini harus selalu menjaga kualitas website perusahaan. Untuk mengukur kualitas website, peneliti menggunakan metode Webqual 4.0 yang terdiri dari tiga variabel yaitu Usability, Information Quality dan Service Interaction Quality. Pengujian pada data terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis, dimana pengujian – pengujian tersebut diolah dengan menggunakan SPSS 27. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari tiga variabel yaitu Usability, Information Quality dan Service Interaction Quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna website sebesar 66% yang artinya adalah website dikatakan memenuhi harapan penggunanya. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa website dari PT. Bank DBS Indonesia memiliki penilaian yang baik dari penggunanya.

Keywords


Webqual 4.0, Kualitas website, Analisa Website

References


M. Webqual and T. Kepuasan, “Analisis Pengaruh Kualitas Website Maxserver Pengguna Pada PT . MCS,†vol. 7, no. 2, pp. 110–115, 2021.

Monalisa, “Analisa Kualitas Sistem Informasi E-Raport Pada Sekolah Smpn 5 Kota Tangerang Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0,†INFOTECH J., pp. 10–21, 2021, doi: 10.31949/infotech.v7i1.908.

C. N. Maharani and D. Darwis, “Analisis Perbandingan Kualitas Perangkat Lunak Pada Website Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Webqual , Apache J-Meter , Dan Web Server Stress Tool,†vol. 4, no. 1, pp. 34–41, 2023.

F. Septa and R. Umar, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Government Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: Website Simsarpras Kementerian Agama),†METHOMIKA J. Manaj. Inform. Komputerisasi Akunt., vol. 3, no. 2, pp. 127–135, 2019, [Online]. Available: https://doi.org/10.46880/jmika.Vol3No2.pp127-135.

Y. Suharto and E. Hariadi, “Analisis Kualitas Website Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Webqual 4.0,†J. Manaj. dan Organ., vol. 12, no. 2, pp. 109–121, 2021, doi: 10.29244/jmo.v12i2.33917.

A. DS and R. Sanjaya, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi MyARS Menggunakan Metode Webqual 4.0,†J. Komput. dan Inform., vol. 9, no. 2, pp. 214–222, 2021, doi: 10.35508/jicon.v9i2.5273.

M. P. Putri, H. Herawati, and I. P. Sari, “Analisis Kualitas Website Gtass Menggunakan Metode Webqual 4.0 Modifikasi,†JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 6, no. 2, p. 99, 2021, doi: 10.31328/jointecs.v6i2.2369.

M. A. Athallah and K. Kraugusteeliana, “Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis,†CogITo Smart J., vol. 8, no. 1, pp. 171–182, 2022, doi: 10.31154/cogito.v8i1.374.171-182.

S. dan heryanto Murti, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen terhadap Tanggung Jawab Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Kristen Gamaliel Makassar,†J. Ilm. Wahana Pendidik. https//jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP, vol. 7, no. 3, pp. 295–307, 2021, doi: 10.5281/zenodo.5044589.

E. Sugiono, S. Efendi, and J. Al-Afgani, “Pengaruh motivasi kerja, kompetensi, dan kompensasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasaan kerja pt. wibee indoedu nusantara (pustaka lebah) i Jakarta,†J. Ilm. MEA (Manajemen Ekon., vol. 5, no. 1, pp. 718–734, 2021.

M. Pai and D. Pandemi, “Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar PAI di Masa Pandemi Covid-19,†Ika Pgsd Unars, vol. 8, no. 1, pp. 12–24, 2020.

N. Apsari, “Analisis Kualitas Layanan Website Lazada Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode WebQual,†INTEGER J. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2019, doi: 10.31284/j.integer.2019.v4i1.206.

R. Sistem, “Analisis Kualitas Situs Web Batampos Menggunakan,†vol. 2, no. 2, pp. 591–596, 2018.

D. Nur Fauziah, D. Ayu Nur Wulandari, S. Informasi, K. Akuntansi, S. Nusa Mandiri Jakarta, and A. BSI Karawang, “Pengukuran Kualitas Layanan Bukalapak.Com Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Webqual 4.0,†J. Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Komput. , vol. 3, no. 2, pp. 173–180, 2018.

G.- MARDIATMOKO, “Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda,†BAREKENG J. Ilmu Mat. dan Terap., vol. 14, no. 3, pp. 333–342, 2020, doi: 10.30598/barekengvol14iss3pp333-342.




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v15i1.3168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref