Implementasi Sistem Failover dengan Metode Netwatch Menggunakan Router Mikrotik

Bryan Exandi Putra Tertius Panggabean, Herman Kuswanto

Abstract


Seringnya terjadi pemutusan Jaringan Internet pada PT. Pancamagran Wisesa. Sedangkan penggunaan internet pada Kantor ini sangatlah intens. Dibutuhkan system yang dapat membantu untuk mensiasati masalah tersebut. Maka digunakanlah Sistem Failover dengan Metode Netwatch pada struktur Jaringan Internet PT. Pancamagran Wisesa. Yang dimana nanti diharapkan dapat membantu mengatasi masalah pada saat Jaringan Internet sedang putus. Metode ini menggunakan 2 Jaringan Link ISP, yang dimana untuk ISP pertama sebagai Link Utama pada jalur akses internet. Sedangkan untuk ISP kedua sebagai Link Backup pada jalur akses internet, yang berfungsi sebagai Link Backup ketika Koneksi Intenet pada Link Utama mati. Secara otomatis Link Backup ini akan naik posisi untuk menggantikan Jaringan pada Link Utama. Penggunaan metode ini sangat mudah dan berjalan otomatis setelah melakukan Konfigurasi pada tahap awal pemasangan. Setelah tahap pemasangan, di ketahui System Failover dengan metode Netwatch ini berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya, diharapkan dengan diterapkanya system failover pada jaringan akan meminimalisir terjadinya downtime pada koneksi internet yang ada.


Keywords


Failover, Netwatch, Internet Service Provider (ISP), Jaringan, Netwatch

References


D. Herdiana, A. I. Gufroni, and ..., “Integrasi Failover dengan Load Balancing Metode NTH dan PCC untuk Pengaturan Bandwidth pada Mikrotik Router,†SAIS| Sci. Artic. …, vol. 3, no. 1, 2020.

M. R. Fatuhrohman and H. Suhendi, “Implementasi Load Balancing Ppc dan File Over Menggunakan Mikrotik Routerboard di Pt.Indisi,†eProsiding Tek. Inform., vol. 1, no. 1, 2020.

D. Novianto and E. Helmud, “Implementasi Failover dengan Metode Recursive Gateway Berbasis Router Mikrotik Pada STMIK Atma Luhur Pangkalpinang,†J. Ilm. Inform. Glob., vol. 10, no. 1, 2019.

N. F. Zamzami, “Implementasi load balancing dan failover menggunakan mikrotik router os berdasarkan multihomed gateway pada warung internet â€digaâ€,†Implementasi load Balanc. dan Fail. menggunakan mikrotik router os berdasarkan multihomed Gatew. pada warung internet â€digaâ€, 2005.

M. Badrul and Akmaludin, “Implementasi Automatic Failover Menggunakan Router Jaringan Mikrotik Untuk Optimalisasi Jaringan,†J. PROSISKO, vol. 6, no. 2, 2019.

T. Rahman, A. Khudori, H. Nurdin, and M. Qomaruddin, “Netwatch Mikrotik Pada Jaringan PT. Dinasti Kurnia Sejahtera,†J. Sist. Komput. Musirawas, vol. 7, no. 2, pp. 106–114, 2022.

T. A. A. Sandi, S. Heristian, and I. N. Leksono, “OPTIMALISASI FAILOVER DENGAN NETWATCH PADA MIKROTIK,†Comput. Netw. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 23–30, 2021.

Y. Prihartanto, “Implementasi Redundancy Link Menggunakan Netwatch Mikrotik,†J. Teknol. dan Rekayasa, vol. 7, no. 7, pp. 22–27, 2022.

A. Eka Maulana, B. Pawitra, E. Setiawan, R. Saleh, and D. P. Hutabarat, “SISTEM OPTIMASI PEMBEBANAN JARINGAN DENGAN KONEKSI INTERNET GANDA MENGGUNAKAN MIKROTIK,†2013.

J. Handoyo, “Kajian Penggunaan Mikrotik Router Sebagai Router pada Jaringan Komputer,†J. Transform., vol. 9, no. 1, pp. 20–27, 2011.




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v15i1.2441

Refbacks



Copyright (c) 2023 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref