Proses Pembangunan Smart City Di Indonesia Menggunakan Metode Big Data Analytis Dalam Penerapan E-Commerce

Sri Mahrani, Ira Daniah Pasi, Andi Karina Mutmainnah, Sri Wulan Purnama Samosir, Indra Gunawan

Abstract


     Industri 4.0 di Indonesia saat ini adalah tingkatan  keempat yang umum digunakan  pada zaman ini. Segala sesuatunya sudah  mengandalkan teknologi digital atau dari tahapan teknologi pertama hingga sampai tahapan ke 4 yang sekarang ini itulah yang dinamakan dengan era revormasi  4.0. Saat ini tengah berkembangnya smart city atau kota cerdas dimana kota-kota besar  diindonesia sedang menggunakan konsep tersebut.  Namun mobilitas cerdas bukan hanya tentang teknologi saja kita juga harus menjaga kenyamanan dan keamanan orang yang ingin menggunakan salah satu konsep smart city tersebut. Metode yang digunakan adalah  big data analystis dimana kita dapat menemukan dengan cara penggalian informasi. Dengan menganalisis berbagai jenis kumpulan data yang berukuran  besar  dan dapat dilihat dari internet dengan menggunakan teknology. Big Data Analystic sangat berguna dalam penerapan E Commerce. Karena di masa pandemi Covid- 19 sangat  dibutuhkannya E Commerce dalam membangun smart city di indonesia, terutama pada sebuah proses pembayaran yang dilakukan secara online. Namun dalam  metode tersebut hanya menegaskan pada pengolahan data yang besar dan cara pengaplikasian data menggunakan Big Data Analystic.

Kata kunci : Big Data Analystic, E Commerce, Smart City, Big Data

 

Abstract

               Industry 4.0 in Indonesia is currently the fourth level that is commonly used today. Everything has relied on digital technology or from the first technological stage to the 4th stage which is now what is called the 4.0 revolution era. Currently, the development of a smart city or smart city where big cities in Indonesia are using the concept. But smart mobility is not only about technology, we also have to maintain the comfort and safety of people who want to use one of the smart city concepts. The method used is big data analysis where we can find out by extracting information. By analyzing various types of large data sets that can be viewed from the internet using technology. Big Data Analytics is very useful in the implementation of E Commerce. Because during the Covid-19 pandemic, e-commerce is urgently needed in building a smart city in Indonesia, especially in public transportation, which is currently having a high production increase. However, this method only emphasizes the processing of large data and how to apply the data using Big Data Analytics.

Keywords : Big Data Analystic, E Commerce, Smart City




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v13i2.1866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref