Media Alat Bantu Promisi Fakultas Teknik Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality

Siti Nazilah, Tita Setiawati

Abstract


Media alat bantu Promosi Fakultas Teknik Berbasis Android menggunakan Teknologi Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking dan dengan Menggunakan Metode MDLC (Multimedia development life cycle) di Fakultas Teknik Universitas Suryakancana Cianjur, Media alat bantu ini merupakan Media Teknologi untuk membantu mempromosikan Fakultas Teknik Universitas Suryakancana dengan secara virtual menggunakan Augmented Reality. Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memasukkan objek virtual 3D ke dalam lingkungan nyata. AR mengizinkan penggunanya untuk berinteraksi secara realtime. Penelitian ini akan memasukkan teknologi AR kedalam marker Gedung Fakultas Teknik Universitas Suryakancana, sehingga marker ini menjadi lebih real dengan adanya objek 3D pada Gedung Fakultas Teknik Universitas Suryakancana. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berjalan pada platform mobile android, dimana aplikasi AR ini memerlukan marker yang nantinya akan diambil dari kamera smartphone sebagai sumber masukan, kemudian aplikasi ini akan melacak dan mendeteksi marker (penanda) dengan menggunakan sistem tracking, setelah marker terdeteksi, model Gedung 3D pada Gedung Fakultas Teknik Universitas Suryakancana akan muncul diatas marker seolah-olah model Gedung tersebut nyata.


Keywords


Fakultas Teknik Universitas Suryakancana; MDLC; Augmented Reality; Marker

References


Barakbah, A. R. 2013. Logika Dan Algoritma. Surabaya: Departemen Teknik formatika dan Komputer Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Booch. 2007. Pengertian Unified Modeling Language ( UML ) dan Modelnya Menurut Pakar dan Ahli. Retrieved agustus 15, 2019, from bangpahmi.com: https://bangpahmi.com/pengertian-unified-modeling-language-uml-dan- modelnya-menurut-pakar-dan-ahli/

Brian. 2012. Augmented Reality. Retrieved april 16, 2020, from dosenpendidikan:

https://www.dosenpendidikan.co.id/augmented-reality/

Briggs, L. J. (n.d.). Pengertian Media. Retrieved februari 17, 2020, from maxmanroe:https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-media.html Cangara. 2002. gusdanela. Retrieved april 16, 2020, from Pengertian Media menurut beberapa ahli dan perbedaan media pembelajaran dengan sumber belajar: http://gusdanela.blogspot.com/2014/02/pengertian-media-menurut-beberapa-ahli.html

Chandra. 2009. Pengantar Corel Draw X7. Pengantar Corel Draw X7. Dharmawan, E. A., Ginting, S. W., & Noya, F. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Penentu Tarif Dasar Ojek Di Kota Ambon Berbasis Android. Jurnal Simetrik, 7(2), 38–41. https://doi.org/10.31959/JS.V7I2.45

Ellinda Dwi Fransiska, dkk. 2017. Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Informatif Dan Interaktif Untuk Pengenalan Hewan. Seminar Nasional Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi – UNMER Malang, 637-638.

Herlawati. 2011. Pengertian Unified Modeling Language ( UML ) dan Modelnya Menurut Pakar dan Ahli. Retrieved agustus 15, 2019, from bangpahmi.com: https://bangpahmi.com/pengertian-unified-modeling-language-uml-dan-

modelnya-menurut-pakar-dan-ahli/

Mahnun.Nunu.(2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Dalam Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1: 27.

Mantasia, M., & Jaya, H. (2016). Pengembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Penguatan Dan Penunjang Metode Pembelajaran Di Smk Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 281. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.10522

Mumtahana, H. A. (2017). Perancangan Teknologi Augmented Reality Pada Brosur Stt Dharma Iswara Madiun. DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology, 1(1), 6. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i1.1320

Mustaqbal, d. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing . Nasution, Y. R. (2018). Penerapan Aplikasi Online Angket Persepsi Mahasiswa

Terhadap Kinerja Dosen Uin Sumatera Utara Medan. JISTech, 3(2), 20–35. https://doi.org/10.30829/jistech.v3i2.3158

Nugroho. 2009. Pengertian Unified Modeling Language ( UML ) dan Modelnya Menurut Pakar dan Ahli. Retrieved agustus 15, 2019, from bangpahmi.com: https://bangpahmi.com/pengertian-unified-modeling-language-uml-dan- modelnya-menurut-pakar-dan-ahli/

Rahman, A. 2011. Perancangan Dan Implementasi Mobile Aplication Pembelajaran Haji Dan Umroh Berbasis Multimedia. Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Starif Hidayatullah (P. 30). Jakarta: Institutional Repository Uin Syarif Hidayatullah.

Rohani, A. (n.d.). Pengertian Media. Retrieved februari 17, 2020, from maxmanroe:https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-media.html

Rizky, s. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka. Shalahuddin., R. R. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Sistaningrum. 2002. Pengertian Promosi. Retrieved februari 18, 2020, from gurupendidikan: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-promosi/




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v13i1.1478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref