SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PROYEK PERANGKAT LUNAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Sri Widaningsih, Ratu Bathin Ratusyaqina Manggala

Abstract


Penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dapat meningkatkan efektivitas dan efisensi pada setiap kegiatan di perusahaan maupun instansi. Hal tersebut menyebabkan semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap produk-produk teknologi informasi Selain itu dengan berkembangnya era digital saat ini pun menjadi salah satu faktor semakin banyaknya software house yang didirikan. Permasalahan muncul jika pihak pengembang perangkat lunak mendapatkan beberapa permintaan pembuatan perangkat lunak dalam waktu yang bersaamaan sehingga harus dibuat prioritas pesanan mana yang dibuat terlebih dahulu. Untuk pengambilan keputusan tersebut dapat menggunakan Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan metoda MADM yaitu weighted product. Terdapat beberapa kriteria yang dipertimbangkan yaitu nilai kontrak, durasi pengerjaan, kompleksitas pengerjaan, penggunaan sumber daya, teknologi yang digunakan dan proses implementasi dan pemeliharaan. Perhitungan metode ini adalah dengan mengalikan nilai kriteria setiap alternatif proyek  yang telah dipangkatakan dengan nilai bobot kriteria. Nilai yang dihasilkan dirangking dan nilai preferensi relatif  proyek terbesar yang dipertimbangkan untuk dikerjakan terlebih dahulu.


Keywords


MADM, proyek, perangkat lunak, sistem pendukung keputusan, weighted product

References


Munir, Manajemen Proyek Perangkat Lunak, Bandung: UPI Press, 2015.

Wibowo, Manjemen Kinerja, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

S. Kusumadewi, Fuzzy Multi - Attribute Decison Making, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

E. Turban, R. Sharda and D. Delen, Decision Support and Business. Intelligence Systems 9th Editon, Pearson Education Inc, 2011.

E. Turban, R. Sharda, J. E. Aronson and T. P. Liang, Decision Support and Business Intelligence Systems. 8th Edition., New Jersey: Prentice Hall, Inc., 2011.

Y. Y. Wibisono, "Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Proyek Pengembangan Sistem Informasi," in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), Yogyakarta, 2006.

E. Deni, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Proyek Pembangunan Menggunkan Metode Technique For Order Of Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS).," Skripsi Thesis Institut Teknologi Nasional Malang, Malang, 2018.




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v12i2.1198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref