Sistem Konsultasi dan Bimbingan Online Berbasis Web Menggunakan Webrtc (Studi Kasus : Fakultas Teknik Universitas Suryakancana)

Tarmin Abdulghani, Muhammad Maulana Hamzah Gozali

Abstract


Dengan banyaknya jumlah mahasiswa, yang harus dibimbing banyak dan tugas lain seperti mengajar, membimbing Kerja Praktek Lapangan dan Tugas Proyek, jabatan structural mengakibatkan dosen pembimbing Tugas Akhir kurang optimal dalam memberikan bimbingan, terlebih lagi bagi mahasiswa yang sering menunda-nunda pengerjaan Tugas Akhir atau sulitnya mahasiswa jika ingin menemui dosen untuk bimbingan. Dampak bagi prodi dari hal ini adalah menurunnya produktifitas prodi. Dalam hal ini adanya suatu inovasi ataupun terobosan baru, yaitu sistem konsultasi dan bimbingan online sebagai solusi dalam hal masalah ini untuk berkonsultasi dan bimbingan dengan mahasiswa dan dosen baik kegiatan akademik maupun non-akademik.


Keywords


Konsultasi; Tugas Akhir; WebAbstrak

References


] Abdulloh, Rohi. 2015. Web Programing Is Easy. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

] Dedy Bagus Rusdianto, Titik Lusiani, Teguh sutanto. n.d. “RANCANG BANGUN APLIKASI KONSULTASI MAKANAN SEHAT BAGI PENDERITA DIABETES BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI J2ME.â€

] Eriyanto. 2012. “Ilmu Sistem: Meningkatkan Mutu Dan Efektifitas Manajemen.â€

] Lukmanul Hakim, Uus Musalini. 2004. Cara Cerdas Menguasai Layout,Desain Dan. Aplikasi Web. jakarta: PT Elex Media Komputindo.

] Ministry of Education and Culture. 2014. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.†1–7.

] Pr, Equar. 2012. “Aplikasi Web Node.Js.†Pp. 1–30 in.

] Roger S. Pressman, PH. D. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak. 7th ed. edited by D. Hardjono. Yogyakarta: ANDI.

] Sisca rizki aprilia, Rini Rachmawati. 2013. “Penyediaan Dan Pemanfaatan Layanan Konsultasi Belajar Siswa Secara Online Dalam Sistem Pembelajaran Siswa Di Kota Yogyakarta.†84:487–92.

] Sitepu, Herry, Faris Mazini Muchma, and Dina Angela. 2006. “Pengembangan Aplikasi E-Learning Berbasis WebRTC.†11(2):71–80.




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v11i2.1037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref