Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Toko Pupuk dengan Kartu Tani di Kabupaten Cianjur

Mohamad Kany Legiawan, Mia Amalia Dewi

Abstract


Kebutuhan penggunaan sistem informasi terus berkembang, terlebih pada pengolahan data spasial yang digunakan dalam hal ini yaitu pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) yang merupakan suatu sistem informasi khusus mengolah data spasial. Pemanfaatan teknologi ini yaitu dengan melakukan Pemetaan Lokasi Toko Pupuk Dengan Kartu Tani Di Kabupaten Cianjur Menggunakan Arcgis ini merupakan sistem informasi yang menyajikan lokasi toko pupuk yang ada di Kabupaten Cianjur, ada dua jenis toko pupuk yang ada yaitu Toko Pupuk Kartu Tani dan Non Kartu Tani. Pembuatan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Toko Pupuk Dengan Kartu Tani menggunakan ArcGIS 10.3 sebagai alat untuk visualisasi peta secara digital juga membangun database spasial, MySQL yang berfungsi sebagai SQL (Structured Query Language) yang digunakan bersamaan dengan bahasa pemograman PHP untuk menyimpan database, Sublime Text beserta CodeIgniter sebagai editor tools yang digunakan untuk menyunting source code untuk sistem. Sistem yang dibangun memiliki kelebihan yaitu mempermudah dalam menyajikan informasi data spasial lokasi toko pupuk pada setiap daerah yang ada di Kabupaten Cianjur, terutama untuk jenis toko pupuk kartu tani dan non kartu tani yang nantinya dapat memudahkan dalam menyampaikan informasi lokasi toko pupuk kepada masyarakat juga pemilik toko di Kabupaten Cianjur.

Keywords


SIG; Toko Pupuk; Kartu Tani

References


E. Prahasta, Sistem Informasi Geografis: KonsepKonsep Dasar Informasi Goegrafis. Bandung: Informatika Bandung, 2002.

E. Irwansyah, Edy Irwansyah, no. June 2013. Yogyakarta: digibooks, 2013.

K. W. Moko, S. Suwarto, and B. W. Utami, “Perbedaan Persepsi Petani Terhadap Program Kartu Tani Di Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen,†Caraka Tani J. Sustain. Agric., vol. 32, no. 1, p. 9, Mar. 2018.

R. S. Pressman, Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach, Seventh., vol. 9781118592. New York: Mc Graw Hill, 2014.

Balitbangtan, “Pengertian Pupuk - Balittanah.†[Online]. Available: http://balittanah.litbang.pertanian.go.id/ind/index .php/en/berita-terbaru-topmenu-58/1059-. [Accessed: 27-Oct-2019].




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v11i2.1032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref