Perancangan dan Pembangunan Aplikasi Rekrutmen Asisten Laboratorium Berbasis Mobile

Reynaldi Miftahudin Fauzi, Finsa Nurpandi

Abstract


Aplikasi Rekrutmen asisten laboratorium Fakultas Teknik Universitas Suryakancana dibangun atas dasar permasalahan yang sering terjadi saat proses pelaksanaan tahapan rekrutmen. Proses yang dimulai dari tahapan pengiriman berkas, memiliki hambatan jarak bagi peserta karena harus mengirimkan langsung ke laboratorium. Serta penyebaran informasi mengenai jadwal pelaksanaan tes serta pengumuman hasil seleksi yang dirasa masih kurang efektif menjadi alasan paling mendasar dalam pembangunan aplikasi ini. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan tahapan perancangan perangkat lunak Prototype. Dengan menggunakan dua platform yang berbeda yaitu Mobile dan web. Penggunaan REST API menjadi cara agar data yang berada di dalam satu Database yang sama dapat diakses dengan baik pada platform yang berbeda. Aplikasi Mobile akan digunakan oleh calon peserta rekrutmen, sedangkan aplikasi berbasis web digunakan oleh admin sebagai panitia pelaksana rekrutmen asisten laboratorium fakultas teknik Universitas Suryakancana.

Keywords


rekrutmen; Prototype; REST API; aplikasi Mobile; berbasis web; sistem informasi;

Full Text:

PDF

References


F. Nurpandi and H. Kurniawan, “Sistem Informasi Pembudidayaan Ikan di Balai Pelestarian Perikanan Perairan Umum Dan Pengembangan Ikan Hias ( BPPPUIH ) Ciherang – Cianjur,†Media J. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 69–79, 2016.

A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Publisher, 2014.

S. A. Gadhiya, K. H. Wandra, and V. B. Vaghela, “Role of mobile augmentation in mobile application development,†AICERA 2012 - Annu. Int. Conf. Emerg. Res. Areas Innov. Pract. Futur. Trends, 2012.

R. T. Fielding, “Architectural Styles and the Design of Network-based Software Architectures,†University of California, Irvine, 2000.

R. S. Pressman, Software Engineering A Practitioner’s Approach 8th Edition. New York: McGraw-Hill Education, 2015.




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v11i2.1015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref