Pengaruh Pendekatan Pembelajaran “Skill-Drill-Game†Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani

Aris Risyanto

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran “skill-drill-gameâ€(SDG) terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani di SMPN 2 Sidamulih Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VIII SMPN 2 Sidamulih yang terdiri dari 1 kelas eksperimen. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pendekatan pembelajaran “skill-drill-game†terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani. Dalam penelitian ini, pengujian hipotesis menggunakan perhitungan Paired Samples T Test. Berdasarkan hasil penelitian, pendekatan pembelajaran “skill-drill-game†terlihat mampu meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran “skill-drill-game†berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani .

.


Full Text:

PDF

References


Perlman, D. (2012). The Influence of the Sport Education Model on Amotivated Students’ In-Class Physical Activity, Australia : SAGE

Ali, M.(2011). Memahami Riset Prilaku Dan Sosial. Bandung: CV Pustaka Cendikia Utama.

Arikunto, S.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fraenkel, Jack.R.(2012). How To Design And Evaluate Research In Education. New York: The McGraw Hill Companies.

Giriwijoyo, S.Y.S. (2012). Ilmu Kesehatan Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mahendra, A. (2009). Asas dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI.

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University.

Mudjiono. dan Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: RinekaCipta.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian.Bogor: Ghalia Indonesia.

Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran, Yogyakarta: Gava Media.

Riduwan.(2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis.Bandung: Alfabeta.

Rusman.(2012).Model-Model Pembelajaran.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Santoso, S. (2013). Mengusai SPSS 21 di Era Informasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Saputra, Y. Dkk. (2007). Filsafat Penjas, Kesehatan, dan Rekreasi. Bandung: FPOK UPI.

Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.

Somarya, D. dan Nuryani, P. (2007) Landasan Pendidikan, Bandung: UPI.

Sudjana, N. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses BelajarMengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, A. (2009). Revitalisasi Pengajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: CV Bintang Warli Artika.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Syah, M. (2010).Psikologi Pendidikan:Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang No.20 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Citra Umbara.

Ms. Taufik (2018), Meningkatkan Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Melalui Modifikasi Permainan Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi 8 Halaman 2 Penerbit Jurnal Maenpo

Ms. Taufik. (2019). Hubungan Tingkat Konsentrasi Dengan Keterampilan Bermain Futsal Unit Kegiatan Mahasiswa Futsal Universitas Suryakancana Dalam Olahraga. Gladi Jurnal Unj, 10(02), 68–78. Https://Doi.Org/Doi : Https://Doi.Org/10.21009/Gjik.102.01

Saputra, H. (2020). Model Pembelajaran Direct Intruction Dan Model Pembelajaran Tgt Teams Games Tournament Terhadap Peningkatan Kemampuan Keterampilan Lay-Up Shoot Dalam Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas Xi Smk Pasundan 1 Cianjur. Maenpo, 8(2), 16. Https://Doi.Org/10.35194/Jm.V8i2.925

Winnico, Mg Gaos, M. T. (2019). Peningkatan Keterampilan Shooting Kaki Bagian Dalammelalui Audio-Visual. Maenpo, 09(1), 1–7.

Akin, Y.(2010). Pengaruh Permainan Outbond Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Murni, A. (2010). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Centered Learning Terhadap Hasil Belajar Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 8 (3), hlm. 1-16.

Robinys.(2013). Teacher-Centered Learning (TCL) dan Student Centered Learning (SCL). [Online]. Tersedia di: http://robinys.blogspot.com/2013/06/teacher-centered-learning-tcl-dan.html

Makalah seminar/ Prosiding konferensi :

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Materi Pelatihan Guru dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Depdikbud

Hidayat, Y. (2010). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bandung: FPOK UPI.

Suherman, A. (2013). Kreativitas dan Aktivitas Jasmani pada Siswa Kelas Rendah. Seminar nasional Olahraga Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung, UPI Press, hlm 1-18

Faridhatunnisa, F., & Kurniawan Pratama, A. (2019). Peningkatan Latihan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Hasil Servis Atas Bola Voli. Maenpo, 9(2), 76. https://doi.org/10.35194/jm.v9i2.911

Rivan Syukur, M., & Kastrena, E. (2019). Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan Dan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Hasil Smash. Maenpo, 9(1), 23. https://doi.org/10.35194/jm.v9i1.905




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v10i1.947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MAENPO

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :

 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.