Pengaruh Pendekatan Pembelajaran “Skill-Drill-Game†Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran “skill-drill-gameâ€(SDG) terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani di SMPN 2 Sidamulih Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VIII SMPN 2 Sidamulih yang terdiri dari 1 kelas eksperimen. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pendekatan pembelajaran “skill-drill-game†terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani. Dalam penelitian ini, pengujian hipotesis menggunakan perhitungan Paired Samples T Test. Berdasarkan hasil penelitian, pendekatan pembelajaran “skill-drill-game†terlihat mampu meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran “skill-drill-game†berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani .
.
Full Text:
PDFReferences
Perlman, D. (2012). The Influence of the Sport Education Model on Amotivated Students’ In-Class Physical Activity, Australia : SAGE
Ali, M.(2011). Memahami Riset Prilaku Dan Sosial. Bandung: CV Pustaka Cendikia Utama.
Arikunto, S.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Fraenkel, Jack.R.(2012). How To Design And Evaluate Research In Education. New York: The McGraw Hill Companies.
Giriwijoyo, S.Y.S. (2012). Ilmu Kesehatan Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mahendra, A. (2009). Asas dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI.
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University.
Mudjiono. dan Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: RinekaCipta.
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian.Bogor: Ghalia Indonesia.
Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran, Yogyakarta: Gava Media.
Riduwan.(2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis.Bandung: Alfabeta.
Rusman.(2012).Model-Model Pembelajaran.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Santoso, S. (2013). Mengusai SPSS 21 di Era Informasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Saputra, Y. Dkk. (2007). Filsafat Penjas, Kesehatan, dan Rekreasi. Bandung: FPOK UPI.
Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.
Somarya, D. dan Nuryani, P. (2007) Landasan Pendidikan, Bandung: UPI.
Sudjana, N. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses BelajarMengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, A. (2009). Revitalisasi Pengajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: CV Bintang Warli Artika.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Syah, M. (2010).Psikologi Pendidikan:Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang No.20 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Citra Umbara.
Ms. Taufik (2018), Meningkatkan Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Melalui Modifikasi Permainan Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi 8 Halaman 2 Penerbit Jurnal Maenpo
Ms. Taufik. (2019). Hubungan Tingkat Konsentrasi Dengan Keterampilan Bermain Futsal Unit Kegiatan Mahasiswa Futsal Universitas Suryakancana Dalam Olahraga. Gladi Jurnal Unj, 10(02), 68–78. Https://Doi.Org/Doi : Https://Doi.Org/10.21009/Gjik.102.01
Saputra, H. (2020). Model Pembelajaran Direct Intruction Dan Model Pembelajaran Tgt Teams Games Tournament Terhadap Peningkatan Kemampuan Keterampilan Lay-Up Shoot Dalam Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas Xi Smk Pasundan 1 Cianjur. Maenpo, 8(2), 16. Https://Doi.Org/10.35194/Jm.V8i2.925
Winnico, Mg Gaos, M. T. (2019). Peningkatan Keterampilan Shooting Kaki Bagian Dalammelalui Audio-Visual. Maenpo, 09(1), 1–7.
Akin, Y.(2010). Pengaruh Permainan Outbond Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Murni, A. (2010). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Centered Learning Terhadap Hasil Belajar Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 8 (3), hlm. 1-16.
Robinys.(2013). Teacher-Centered Learning (TCL) dan Student Centered Learning (SCL). [Online]. Tersedia di: http://robinys.blogspot.com/2013/06/teacher-centered-learning-tcl-dan.html
Makalah seminar/ Prosiding konferensi :
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Materi Pelatihan Guru dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Depdikbud
Hidayat, Y. (2010). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bandung: FPOK UPI.
Suherman, A. (2013). Kreativitas dan Aktivitas Jasmani pada Siswa Kelas Rendah. Seminar nasional Olahraga Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung, UPI Press, hlm 1-18
Faridhatunnisa, F., & Kurniawan Pratama, A. (2019). Peningkatan Latihan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Hasil Servis Atas Bola Voli. Maenpo, 9(2), 76. https://doi.org/10.35194/jm.v9i2.911
Rivan Syukur, M., & Kastrena, E. (2019). Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan Dan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Hasil Smash. Maenpo, 9(1), 23. https://doi.org/10.35194/jm.v9i1.905
DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v10i1.947
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 MAENPO
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/