Tingkat Kesadaran Diri Terhadap Kesehatan Mental Untuk Atlet Muay Thai (UKM) Universitas Suryakancana

Eneng Fitri Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran diri terhadap kesehatan mental pada atlet Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Muay Thai UNSUR. Kesadaran diri (self awareness) merupakan â€modal dasar†konselor dalam menjalankan  tugas  (Flurentin,  2001).  Pemahaman  diri  sendiri  merupakan  suatu kondisi yang diperlukan sebelum memulai proses pemahaman terhadap orang lain. Dinamika intrapersonal dan interpersonal harus dianggap sebagai komponen yang penting  dalam  proyeksi  keyakinan-keyakinan,  sikap,  pendapat,  dan  nilai-nilai. Pengujian    tentang    pemikiran-pemikiran    dan    perasaan-perasaan    seseorang memungkinkan  konselor  untuk  memahami  lebih  baik  tentang  â€muatanâ€Â  budaya yang dibawa (Brown et al, 1988). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner. Subjek penelitian ini merupakan atlet Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Muay Thai Universitas Surya kancana, yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini di laksanakan di Kampus Universitas Suryakancana. Untuk mengukur kesadaran diri terhadap kesehatan mental, para atlet di beri angket yang sudah di sediakan dan mengisi sesuai dengan yang terjadi dan yang mereka rasakan. Dari setiap poin dalam angket tersebut memiliki nilai untuk nantinya akan di akumulasi dan di analisis hasil data penelitiannya.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian ilmiah suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta

Biro Humas dan Hukum Kementerian negara pemuda dan olahraga RI. (2008). Undang-undang republik indonesia nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan. Indonesia.

-Daniel Goleman, Emotional Intelligence Why it Can Matter More Than IQ, Bantam Books, New York, 1996, hlm. 58

-Fluerentin, Elia. "Latihan Kesadaran Diri (self awareness) dan kaitannya dengan penumbuhan karakter." Jurnal Inspirasi Pendidikan 1.1 (2012).

Goleman, D. Terj Hermaya. (2016). Kecerdasan emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Harsono. (2001). Latihan kondisi fisik. Universitas Pendidikan Indonesia.

http://counselingtreatment.weebly.com/kesehatan-mental.html

Husdarta, J.S. (2011). Sejarah dan Filsafat Olahraga. Bandung: Alfabeta

Adi, R., & Muhamad, S. T. (2020). Technology Innovation and Learning Media in Industrial Revolution Era 4 . 0 ( Blended Learning ) in Physical Education. UHAMKA, 120–122.

Taufik, M. S. (2019). Meningkatkan Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Melalui Modifikasi Permainan. Maenpo, 8(1), 14. https://doi.org/10.35194/jm.v8i2.925

MS. Taufik, E.Fitri, A. R. (2019). Perkembangan Peserta Didik. In R. Pers (Ed.), Rajawali pers: Vol. â„–3. rajawali pers.




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v10i2.944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :

 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.