Pengaruh Outdoor Education Berlandaskan Experiential Learning Terhadap Kreativitas

Asep Ramdan Afriyuandi

Abstract


Outdoor education berlandaskan experiential learning merupakan sarana menambah pengalaman belajar dan menjadi pelajaran yang sangat penting membawa perubahan bagi kehidupan seseorang. Pengalaman yang ditemukan tentunya sangat mendidik, artinya bahwa pengalaman tersebut memberikan pengertian yang sangat mendalam dan melampaui pengalaman yang hanya merupakan sebuah transaksi dari seseorang dan lingkungan yang dirasakan itu. Berdasarkan konsep-konsep diatas maka outdoor education dilakukan berlandaskan experiential learning, yang ditujukan untuk meningkatkan kreativitas.. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh dari Outdoor Education berlandaskan Experiential Learning terhadap kreativitas. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan pendekatan Non-Randomized Control Group Pretest-Postest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah pecinta alam mahasiswa olahraga (pamor) yang mengikuti kegiatan outdoor education sebanyak 20 orang, dan siswa bukan anggota pecinta alam yang tidak mengikuti outdoor education dalam jumlah yang sama. Sampel tersebut diambil dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas outdoor education berlandaskan experiential learning memberikan pengaruh signifikan terhadap kreativitas dengan nilai t hitung 5,2 > t tabel 1,68 dengan taraf α 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah aktivitas outdoor education berlandaskan experiential learning memberikan pengaruh signifikan terhadap kreativitas.

 


Full Text:

PDF

References


Juliante, Tite. (2010). Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Pendidikan Jasmani Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi Doktor pada Pendor SPs UPI.Bandung : tidak diterbitkan

Kardjono.(2009). Pengendalian Diri (Self Control) Melalui Outdoor Education. Disertasi Doktor pada Pendor SPs UPI.Bandung : tidak diterbitkan.

Lutan, Rusli. (2008). Pedagogy pendidikan Jasmani: Review kuliah. Bandung: Sekolah Pasca Sarjan UPI. Tidak diterbitkan.

Milest, Jhon. C and Priest, Simon. (1990). Adventure Education. Publisher: Ventury Pub. (State College, PA).

Munandar, U (1988). Kreativitas Sepanjang Masa. Jakarta: Grasindo.

__________ (1999). Kreativitas Dan Keberbakatan (Strategi Mewujudkan Strategi Dan Bakat). Jakarta: Gramedia.

___________ (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriadi, D. (1994). Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Taniguchi, Stacy T. (2004). Outdoor Education And Meaningful Learning: Finding The Attributes Of Meaningful Learning Experiences In An Outdoor Education Program. (Journal)




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v8i2.927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :

 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.