Studi Perbandingan Disiplin Dan Tanggung Jawab Antara Mahasiswa Yang Mengikuti Mata Kuliah Umum (Mku) Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dengan Tutorial Pendidikan Agama Islam Di Universitas Pendidikan Indonesia

Ihsan Abdul Fatah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar perbedaan disiplin dan tanggung jawab mahasiswa antara yang mengikuti Mata Kuliah Umum Pendidikan Jasmani dan Olahraga dan Tutorial Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian ex post facto dengan pendekatan intact-group comparison. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket disiplin dan tanggung jawab. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling, sehingga diambil sebanyak 248 orang yang dijadikan sampel. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dengan menggunakan Independent Sample t-test yang penulis lakukan, maka dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Tidak terdapat perbedaan tingkat disiplin mahasiswa antara yang sudah mengikuti MKU Penjasor dengan mahasiswa yang baru selesai mengikuti Tutorial PAI, (2) Tidak terdapat perbedaan tingkat tanggung jawab mahasiswa antara yang sudah mengikuti MKU Penjasor dengan mahasiswa yang baru selesai mengikuti Tutorial PAI. Adapun rekomendasi penulis berdasarkan hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagi Islamic Tutorial Centre (ITC), dan MKDU UPI agar mempertimbangkan mengenai hal-hal yang dapat mendukung terhadap pembelajaran Penjasor dan Tutorial PAI; (2) Pihak UPI sebaiknya lebih banyak menyediakan tempat untuk mendukung terhadap kegiatan aktivitas MKU Penjasor dan Tutorial PAI; (3) Bagi mahasiswa, pembelajaran MKU Penjasor dan Tutorial PAI sebagai alat untuk merubah pola hidup yang kurang aktif menjadi pola hidup yang lebih aktif, dan tidak menjadikan MKU Penjasor dan Tutorial PAI hanya sebagai tuntutan kewajiban mata kuliah yang harus diikuti


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astried, P. (2005). Kontribusi Penerapan Disiplin oleh Guru Bidang Studi terhadap Disiplin Diri Siswa di Sekolah. (Skripsi). Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP UPI Bandung.

Hellison, D. (2003). Teaching Responsibility Through Physical Activity. United States: United Graphics.

Kurikulim Universitas Pendidikan Indonesia. (2011). Bandung: UPI.

Lickona,T. (1992). Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Lickona,T. (2012). Character Matters Persoalan Karakter Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya Lebih dari 100 Strategi Jitu. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasir, M. (1999). Metode Penelitian. Jakarta: Galia Indonesia.

Soekanto, S. (1986). Remaja dan Masalahnya. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alphabeta.

Tim Pakar Yayasan Jati Diri Bangsa. (2011). Pendidikan Karakter di Sekolah dari Gagasan ke Tindakan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tim Penyusun Kamus. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim UPI. (2012). UPI Rumah Kita Model Pembinaan Karakter Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: UPI.

Pribadi, S. (1971). In Search of Formulation of The General Aim of Education (Vol 4),Disertasi, LPPD IKIP Bandung.Rosestyah N.K., Ny., Dra. 1986. Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem. Jakarta: Bina Aksara.

Yusuf, S. (1989). Disiplin Diri dalam Belajar Dihubungkan dengan Penanaman disiplin yang Dilakukan Orangtua dan Guru.Skripsi (tidak diterbitkan). Bandung:IKIP Bandun




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v8i2.926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :


 
 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Copyright (c) Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.