Model Pembelajaran Direct Intruction Dan Model Pembelajaran Tgt Teams Games Tournament Terhadap Peningkatan Kemampuan Keterampilan Lay-Up Shoot Dalam Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas Xi Smk Pasundan 1 Cianjur

Hendra Saputra

Abstract


Penelitian ini berjudul. â€Model Pembelajaran Direct Intruction dan Model Pembelajaran TGT Teams Games Tournament Terhadap Peningkatan Kemampuan Keterampilan Lay-Up Shoot dalam Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas XI SMK Pasundan 1 Cianjurâ€.. Sampel yang dijadikan objek penelitian ini adalah siswa SMK Pasundan 1 Cianjur yang berjumlah 30 orang. Sedangkan untuk pembagian kelompok menggunakan teknik total sampling. Penelitian dilaksanakan selama enam minggu dengan latihan sebanyak 16 kali dan ditambah dua kali pertemuan untuk melaksanakan tes awal dan tes akhir. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes melakukan teknik lay-up shoot. Dari pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Direct Instruction berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan keterampilan lay-up shoot dengan dibuktikan penghitungan setatistik  thitung sebesar 11,06 dengan  ttabel sebesar 1.76, dk = ( n-1 ) dan tarap signifikan α = 0.05, demikian pula dengan model pembelajatan TGT Teams Games Tournament berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan keterampilan lay-up shoot dengan di buktikanhasil penghitungan statistik thitung sebesar 13.32 dengan ttabel sebesar 1.76, dk = ( n-1 ) dengan tarap siqnifikan   α = 0.05. Kesimpulan selanjutnya terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Direct Intruction dan model pembelajaran TGT Teams Games Tournament  terhadap peningkatan kemampuan keterampilan lay-up shoot dalam permainan bola basket pada siswa kelas XI SMK Pasundan 1  Cianjur.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2002. Prosedur Penelitian Suatau Pendekatan

Praktek.Rineka Cipta:Jakarta.

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatau Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Hartono,M.Bhakti.2012.Diktatpermainan Bola Basket. Cianjur :Universitas Suryakancana

Harsono. 1982. Choaching dan aspek-aspek psikologi dalam coaching.

Jakarta: CV. Tambak Kusuma.

Juliantine,Tite dkk.2011. Model-Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung :UniversitasPendidikan Indonesia.

Oliver.Jon.2009. Dasar-Dasar Bola Basket. Bandung :Pakaraya.

Richard, A. Scmidt dan Rusli, Lutan. (1988). Motor Control and leaning (Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Rosdiani, Dini.2012. Model-Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani

Dan Kesehatan. Bandung:Alfabeta.

Slavin,Robert E. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung :Nusa Media.2009.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.2008.

Winataputra,Udin S.2007. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta:Universitas

Terbuka




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v8i2.925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :

 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.