Hubungan Olahraga Rekreasi Alam Terbuka Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa

Asep Ramdan Afriyuandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara olahraga rekreasi alam terbuka dengan motivasi belajar pada mata kuliah pendidikan rekreasi mahasiswa PJKR FKIP Universitas Suryakancana. Sampel penelitian ini merupakan 20 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah pendidikan rekreasi dengan teknik purposive sampling. Analisis data dengan menggunakan analisis korelasi. Besarnya koefisien korelasi 0,44 atau t-hitung 2,18 lebih besar dari t-tabel 2,101. Dukungan variabel X (olahraga rekreasi alam terbuka) terhadap variabel Y (motivasi belajar) yaitu 19,36% dan tingkat korelasinya termasuk dalam kategori sedang atau cukup kuat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara olahraga rekreasi alam terbuka dengan motivasi belajar mahasiswa PJKR FKIP Universitas Suryakancana. Hal ini disebabkan aktivitas olahraga rekreasi alam terbuka memberikan dorongan atau kesadaran untuk belajar pada mahasiswa itu sendiri, sehingga memberikan motivasi belajar dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Amaludin, Apip. (2013). Survei Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pendidikan Jasmani Melalui Aktivitas Permainan Kecil di SMPLB Manunggal Slawi Kab.Tegal Tahun 2012. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budianto, Arif. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Intrinsik Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2010 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi.

Gunarsa, Singgih. (1989). Psikologi Olahraga. Jakarta: Gunung Mulia.

Hidayat, Yusuf. (2008). Psikologi Olahraga. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Judit E. Ring (1993), Teaching Physical Education for Learning, Mosby-year book, Inc.

Komarudin. (2013). Psikologi Olahraga:Latihan Mental dalam Olahraga Kompetitif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Miskimmin, Peter. (2012). Outdoor Activities Guidelines for Leaders. Sport and Recreation New Zealand.

Normalitasari, Mahardini. (2015). Hubungan Motivasi Ekstrinsik dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Diploma III Kebidanan Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta. Naskah Publikasi.

Nurlan, Kusnaedi dan Husdarta (2002). Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Bandung : FPOK UPI.

Setiadarma, Monty. (1995). Dasar-dasar Psikologi Olah Raga. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Setyobroto, Sudibyo. (1989). Psikologi Olahraga. Jakarta: Anem Kosong Anem.

Sidentop, Daryl (1994), Sport Education: Quality PE through positive Sport Education, Human Kinetics, The Ohio State University

Sugiyono. (2008). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

_______, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&B.Bandung: Alfabeta.

Wuryan, Dewi. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI di MI Darusalam Kolomayan Kec. Wonodadi Kab. Blitar Tahun Ajaran 2014/2015. Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v8i1.920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :

 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.