Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Pjkr Universitas Suryakancana

Mela Aryani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimanakah profil tingkat kebugaran jasmani mahasiswa PJKR Universitas Suryakancana.. jenis penelitian dengan menggunakan penelitian survey. Subjek penelitian ini adalah  seluruh mahasiswa tingkat satu Prodi PJKR Universitas Suryakancana yang berjumlah 68 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Multistage Fitness Test (MFT). Pengambilan data dilakukan satu kali dan diolah menggunakan Mean, Standart deviasi, Varian dan Persentase. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 32,01, standar deviasi sebesar 4,68 dan varians sebesar 21,96 nilai yang memiliki kebugaran tertinggi sebesar 43,3 dan nilai yang memiliki kebugaran terendah sebesar 24,4. Dari data tersebut diperoleh hasil : terdapat 5 mahasiswa (7,4%)  yang memiliki kebugaran jasmani sangat kurang, terdapat 40 mahasiswa (59%) yang memiliki tingkat kebugaran jasmani  kurang, 18 mahasiswa (26%) yang memiliki tingkat kebugaran jasmani sedang dan 5 mahasiswa (7,4%) yang memiliki tingat kebugaran jasmani baik.

Full Text:

PDF

References


Amelia, Devi N.A dkk (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kebugaran Jasmani Pada Remaja Siswa Kelas XI SMK Negeri 11 Semarang. Jurnak Kesehaan Masyarakat Volume 5, Nomor 3, Juli 2017 (ISSN : 2356-3346)

Andriani R. (2016) Hubungan Antara Indeks Massa Tubuh dan Aktivitas Fisik dengan Volume Oksigen Maksimum Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan UMS.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

(2004). Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani. Jakarta : Balai Pustaka

Giriwijoyo, Y.S.S. (2005). Ilmu Faal Olahraga. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Sajoto, M. (1988). Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: P2LPTK.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. (2007). Jakarta: Sinar Grafika.




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v8i1.919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :


 
 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Copyright © Journal MAENPO by UNIVERSITAS SURYAKANCANA  Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id jurnal maeanpo by https://jurnal.unsur.ac.id/maenpo licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.