Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Model Pembelajaran Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Ekstrakurikuler Di Sma Pasundan 2 Kabupaten Cianjur

Muhamad Rivan Syukur, ayep setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran resiprokal terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler di SMA Pasundan 2 Cianjur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “randomized pre test-post test designâ€. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMA Pasundan 2 Cianjur berjumlah 32 siswa. Teknik penyempelan dari populasi ke sampel menggunkan teknik random sampling sehingga sampel yang digunakan berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah ketepatan passing atas dari Nurhasan (2001:169). Analisis data menggunakan uji prasyarat yang terdiri atas mencari rata-rata kelompok dan simpangan baku selanjutnya uji normalitas semua data yang berdistribusi normal dan uji homogenitas semua data yang bervariansi homogen dan uji t dengan signifikansi 0,05 (5%). Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif memberikan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler bola voli di SMA Pasundan 2 Cianjur, dengan t hitung 81,29 > t tabel 2.05. (2) Model pembelajaran resiprokal memberikan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler di SMA Pasundan 2 Cianjur, dengan t hitung 89,16 > t tabel 2.05. (3) Model pembelajaran resiprokal lebih memberikan pengaruh secara signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa ekstrakurikuler di SMA Pasundan 2 Cianjur, dengan t hitung 4,450 > t tabel 2.05 dengan taraf signifikan α 0.05. Teruji kebenarannya dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi Nuril. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta: Era Pustaka Utama.

Aip Syarifuddin dan Muhadi. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta

: Depdikbud.

Arikunto, (1993), Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Kesembi lan, Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta, PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsmi. (2010). Prosedur Penelitian, Rineka Cipta Jakarta.

Beutelsthal, Dieter. 2007. Belajar Bermain Bola Voly. Bandung: Pionir Jaya.

Barbara L Viera (2004). “Bola Voli untuk Pemulaâ€. Jakarta: PT Raja Gronfindo Utama.

Fraenkel, J.P dan Wallen N.E. (2006). “How to Design and Evaluate Research in Education (Eight Edition). New York: McGraw Hill Companies.

Fraenkel, J.R. & Wallen, N.E. (1993). How to Design and Evaluate Research. New York : McGraw-Hill Inc.

Hadi, Sutrisno, (2004). Statistik, Yogyakarta : Rineka Cipta.

Herry Koesyanto. (2003). Belajar Bermain Bola Volley. Semarang: FIK UNNES.

Lestari, Novi. 2008. Melatih Bola Voli Remaja, Edisi Keempat. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.

Metzler, M.W. (2005). Implications of model-based instruction for research on teaching A focus on teaching games for understanding. In L.L. Griffin & J.L. Butler (Eds.), Teaching games for understanding Theory, research and practice (pp. 183-198). Champaign, IL: Human Kinetics.

Muhadi. (1992). Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan

M. Yunus. 1992. Bola voli Olahraga Pilihan. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Nurhasan. (2001). Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani : Prinsip-Prinsip dan penerapannya. Depdiknas. Ditjen Dikdasmen. Ditjen Olahraga. Jakarta Pusat.

Saputra, Yudha. Dkk. (2008). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. MKU UPI.Bandung

Sudjana, 1992. Metoda Statistika, Tarsito, Bandung

Suherman, Adang. (2009). Revitalisasi Pengajaran dalam pendidikan jasmani. Penerbit CV.Bintang WarliArtika. Bandung.

Suharno H.P. (1982). Metodik Melatih Bolavolley. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta

Subroto. (2001). Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Permainan Bola Voli. Jakarta:Direktorat Jendral Olahraga.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Buana Pustaka. Surabaya.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syaripudin,(2007). Teknik Dasar Bermain Bola Voli. Jakarta: Medaintara semesta.

Tarigan, Beltasar. (2009). Optimalisasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga Belandaskan Ilmu Faal Olahraga. FPOK.UPI

Yunyun dkk. (2013). Model-model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Universitas Pendidikan Indonesia: FPOK




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v8i1.916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :

 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.